9 Wilayah yang Dapat Upgrade Jaringan 4G di RI

by admin
2 minutes read

Peningkatan jaringan ke 4G ini dilakukan dalam rangka transformasi digital pada Senin (27/9). Peningkatan jaringan menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, akan dilakukan oleh pemenang pemilihan mitra dari operator seluler.

“Proses pemilihan mitra kerja sama ya operasional atau KSO atau Bakti kominfo pada program penyediaan layanan seluler pada BTS 4G di wilayah 3T dilakukan selama sekitar 4 bulan,” jelas Johnny pada konferensi pers yang ditayangkan secara virtual, Senin (27/9).

Proyek pembangunan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G merupakan salah satu tugas Kominfo selama dua tahun mendatang. Program tersebut juga merupakan program percepatan yang semula ditargetkan pada 2032 dan kini dipercepat 10 tahun lebih awal.

9 wilayah yang akan di upgrade ke 4G
Total infrastruktur 4G yang akan dibangun adalah sejumlah 7904 BTS dan diproyeksikan akan selesai dibangun secara bertahap hingga akhir 2022. Pembangunan 7904 ini terbagi dalam 9 area paket.

“Jumlah ini Tentunya menggenapi sebanyak 9113 desa atau kelurahan yang masuk dalam kategori daerah 3T yang belum terjangkau, memiliki, atau mendapatkan sinyal 4G,” kata Anang Latif, Direktur Utama BAKTI Kominfo pada kesempatan yang sama.

Anang juga mengatakan bahwa sejumlah 1209 desa atau kelurahan sebelumnya telah dibangun BTS dengan teknologi 2G yang kemudian sudah diperbaharui menjadi teknologi 4G pada tahun 2020.

Berikut daftar wilayah yang akan mendapat jaringan 4G dan mitra terpilih dari Kominfo:
– Area 1, wilayah Sumatera dengan mitra terpilih PT XL Axiata Tbk.

– Area 2, wilayah Nusa Tenggara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 3, wilayah Kalimantan dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 4, wilayah Sulawesi Utara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 5, wilayah Maluku dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 6, wilayah Papua Barat dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 7, wilayah Papua Tengah barat dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular.

– Area 8, wilayah Papua Tengah Utara dengan Mitra terpilih telepon PT Telekomunikasi selular.

– Area 9, wilayah Papua Timur Selatan Utara dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi selular dan PT XL Axiata Tbk.

Anang mengatakan bahwa Kominfo telah meletakan batu pertama implementasi program infrastruktur BTS tersebut beberapa waktu lalu tepatnya di Desa Kelanga, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada tanggal 23 April 2021 lalu.

“Peristiwa ini menandai dimulainya pembangunan infrastruktur 4G secara masif di seluruh Indonesia. Sebagai langkah lanjutan dalam memastikan tersedianya layanan seluler 4G di wilayah 3T,” kata Anang.

Sumber : disini

related posts

Leave a Comment