Penelitian menunjukkan hubungan berbentuk J antara asupan makanan tiamin (vitamin B1) dan penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Studi tersebut mengungkapkan bahwa asupan tiamin yang optimal sangat penting untuk mencegah penurunan kognitif pada orang dewasa yang lebih tua, menyarankan kisaran harian antara 0,6 dan 1 mg. Kredit: SciTechDaily.com
Sweet spot tiamin tampaknya 0,68 mg/hari pada orang lanjut usia yang sehat untuk mencegah penurunan. Dosis pemeliharaan optimal tampaknya 0,6 hingga kurang dari 1 mg/hari.
Tampaknya ada kurva berbentuk J antara diet tiamin (vitamin B1) dan memburuknya ketajaman mental di kalangan lansia yang sehat secara kognitif, menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal akses terbuka. Psikiatri Umum.
Titik manisnya tampaknya adalah asupan harian 0,68 mg, di bawah jumlah tersebut dampaknya relatif kecil. Namun asupan harian yang lebih tinggi sangat terkait dengan penurunan kognitif, dengan dosis pemeliharaan optimal 0,6 hingga kurang dari 1 mg/hari, menurut temuan tersebut.
Peran Tiamin dan Latar Belakang Studi
Tiamin adalah vitamin B penting yang larut dalam air yang terlibat dalam metabolisme energi dan aktivitas neurotransmitter otak. Sumber makanan yang baik meliputi biji-bijian, sereal sarapan yang diperkaya, kacang-kacangan, hati, dan salmon.
Penelitian kecil yang diterbitkan sebelumnya menunjukkan bahwa dosis tinggi dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang dengan gangguan kognitif ringan atau demensia tahap awal. Namun tidak jelas apakah asupan makanan sehari-hari dikaitkan dengan memperlambat atau mempercepat penurunan kognitif.
Untuk mengeksplorasi hal ini lebih lanjut, para peneliti menggunakan data yang tersedia untuk umum dari Survei Kesehatan dan Gizi Tiongkok (CHNS), sebuah studi multiguna jangka panjang yang dimulai pada tahun 1989, dan mencakup hampir separuh populasi negara tersebut pada tahun 2011.
Pada tahun 1997, 2000, 2004, dan 2006, ketajaman mental dinilai berulang kali untuk peserta yang sehat secara kognitif berusia 55 tahun ke atas. Studi saat ini didasarkan pada 3.106 peserta, dengan usia rata-rata 63 tahun, dan setidaknya dua putaran data survei.
Informasi mengenai pola makan dikumpulkan pada setiap putaran survei, dilengkapi dengan data terperinci mengenai asupan makanan pribadi selama 24 jam pada 3 hari berturut-turut dalam seminggu, dan dikumpulkan secara langsung oleh peneliti terlatih. Asupan nutrisi dihitung menggunakan tabel komposisi makanan Cina.
Tiga tes ingatan segera dan tertunda dari daftar 10 kata, menghitung mundur dari 20, dan pengurangan seri 7 lima kali dari 100, diambil dari Wawancara Telepon untuk Modifikasi Status Kognitif (TICS-m), digunakan untuk mengevaluasi verbal memori, perhatian, dan kefasihan numerik, masing-masing.
Skor yang lebih tinggi untuk setiap item (termasuk memori verbal (0-20 poin), perhatian (0-2 poin), dan perhitungan (0-5 poin)) menunjukkan fungsi kognitif yang lebih baik, dengan skor kognitif global berkisar antara 0 hingga 27 poin dan juga skor gabungan berkisar antara -1,82 hingga 1,67 satuan standar.
Temuan dan Implikasi Studi
Periode pemantauan rata-rata hampir 6 tahun, selama waktu tersebut muncul hubungan berbentuk J antara asupan makanan tiamin dan laju penurunan fungsi kognitif selama 5 tahun.
Rata-rata asupan tiamin adalah 0,93 mg/hari, namun ambang batas tampaknya adalah asupan harian sebesar 0,68 mg. Tidak ada hubungan yang signifikan dengan penurunan kognitif di bawah level ini.
Namun di atas 0,68 mg/hari, setiap peningkatan unit harian (1 mg/hari) pada asupan tiamin dikaitkan dengan penurunan signifikan sebesar 4,24 poin pada skor kognitif global dan 0,49 unit pada skor gabungan dalam waktu 5 tahun. Karena skor kognitif global berkisar antara 0 hingga 27 poin, penurunan sekitar 4 poin berarti penurunan fungsi kognitif minimal 15%
Hubungan ini lebih kuat di antara mereka yang mengalami obesitas, memiliki tekanan darah tinggi, atau bukan perokok, meskipun setelah analisis mendalam lebih lanjut, pengaruh perubahan tekanan darah tinggi dan merokok menjadi tidak signifikan secara statistik.
Untuk mengeksplorasi lebih jauh kisaran optimal tiamin makanan untuk menjaga fungsi kognitif, asupan dibagi lagi menjadi 0,4, 0,6, 0,8, 1, 1,2 dan 1,4 mg/hari.
Hal ini menunjukkan bahwa risiko terendah dikaitkan dengan asupan tiamin 0,6 hingga kurang dari 1 mg/hari. Pola serupa juga diamati setelah memperhitungkan asupan harian vitamin B lainnya (riboflavin dan niasin) dan makanan lain, seperti daging merah atau daging olahan.
Tidak ada variabel lain, termasuk usia, jenis kelamin, konsumsi alkohol, dan asupan lemak, protein atau karbohidrat, yang mengubah temuan secara signifikan.
Kesimpulan dan Arah Masa Depan
Ini adalah penelitian observasional, dan oleh karena itu, para peneliti tidak dapat menentukan penyebabnya. Dan penarikan kembali makanan 24 jam hanya menangkap informasi pada hari-hari tertentu dan mungkin tidak sepenuhnya akurat. Studi ini juga berfokus pada orang lanjut usia di Tiongkok, sehingga temuan ini mungkin tidak berlaku untuk negara dan kelompok umur lain, tambah mereka.
“Defisiensi tiamin dapat menyebabkan kurangnya pasokan energi ke neuron otak dan penurunan sinyal asetilkolin di otak, yang dapat mengganggu fungsi kognitif,” saran para peneliti, menjelaskan temuan mereka.
“Jika didukung oleh penelitian lebih lanjut, penelitian kami menyoroti pentingnya menjaga tingkat asupan tiamin makanan yang optimal pada populasi lansia secara umum untuk mencegah penurunan kognitif.”
Referensi: “Hubungan berbentuk J antara asupan tiamin dalam makanan dan risiko penurunan kognitif pada individu Tiongkok lanjut usia yang sehat secara kognitif” oleh Chengzhang Liu, Qiguo Meng, Yuanxiu Wei, Xinyue Su, Yuanyuan Zhang, Panpan He, Chun Zhou, Mengyi Liu, Ziliang Ye dan Xianhui Qin, 1 Januari 2024, Psikiatri Umum.
DOI: 10.1136/gpsych-2023-101311





