27.8 C
Jakarta

Kabinet Masa Depan Prabowo-Gibran Mutlak Hak Presiden Terpilih

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Dalam sorotan pers, Presiden Joko Widodo dengan tegas menyampaikan bahwa formasi kabinet masa depan adalah hak prerogatif dari Presiden Terpilih, Prabowo Subianto.

Di tengah sorak sorai pameran kendaraan listrik di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (03/04/2024), Jokowi menandaskan bahwa keputusan soal kabinet adalah kebijakan yang murni di tangan sang pemimpin terpilih.

“Kabinet itu adalah 100 persen hak prerogatif presiden. Kalau usul-usul boleh, tapi itu hak penuh Presiden Terpilih,” ungkapnya dengan penuh kepastian d ikutip dari Antaranews.com.

Jokowi menegaskan bahwa dia siap memberikan masukan jika d iminta oleh Presiden Terpilih, namun menekankan bahwa semua tergantung pada permintaan dari pihak yang akan memimpin.

“Kalau minta saran nggak apa-apa (memberi saran), kalau minta saran. Tapi kalo nggak d imintai saran, ikut-ikutan nimbrung, nah itu yang nggak boleh,” tandasnya, menggarisbawahi batasan antara memberikan masukan dan mencampuri urusan yang belum d ipinta pendapatnya.

Sebelumnya, kabar tentang keterlibatan Jokowi dalam proses penentuan susunan kabinet Prabowo-Gibran sempat mengemuka, namun Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden, Ari Dwipayana, menegaskan bahwa keputusan tersebut benar-benar menjadi hak prerogatif Presiden Terpilih setelah d ilantik pada Oktober 2024 mendatang.

“Pengangkatan menteri dalam kabinet pemerintahan mendatang sepenuhnya menjadi hak prerogatif Presiden Terpilih setelah dilantik 20 Oktober 2024,” tutur Ari Dwipayana akhir Maret 2024, menegaskan fokus Presiden Jokowi pada penyelesaian tugas pemerintahan hingga akhir masa jabatan.**

Related articles

Recent articles

spot_img