Kememhub Belum Memberikan Izin Operasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut

by admin
1 minutes read
Kememhub Belum Memberikan Izin Operasi Jalur Kereta Api Cibatu-Garut

Garut, BN Nasional – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih belum memberikan izin operasional jalur kereta api Cibatu-Garut. Padahal, PT Kereta Api Indonesia atau KAI (persero) menyatakan, sarana dan prasarana di sepanjang jalur itu telah siap 100 persen.

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub, Zulfikri, mengatakan, izin operasional jalur kereta api Cibatu-Garut masih dalam proses. Menurut dia, sebenarnya tak ada kendala dalam memproses izin operasional jalur itu. Hanya tinggal menyesuaikan masalah regulasinya.”Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada izinnya,” katanya, (29/12).

Sebelumnya, Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Kuswardoyo menilai, pihaknya telah siap untuk mengoperasionalkan kereta di jalur yang mati suri sejak 1983 itu. Sarana dan prasarana di sepanjang jalur Cibatu-Garut diklaim sudah sepenuhnya siap, termasuk di stasiun yang akan dilalui, yaitu Stasiun Pasirjengkol, Stasiun Wanaraja, dan Stasiun Garut.

PT KAI juga disebut sudah memasang jaringan internet di seluruh stasiun yang akan dilalui di jalur Cibatu-Garut. Namun, hingga saat ini belum ada keputusan dari pemerintah terkait pengoperasiannya.

Kuswardoyo mengatakan, PT KAI tak bisa serta merta mengoperasionalkan kereta di jalur itu, meski secara sarana dan prasarana sudah siap. Untuk mengoperasionalkan kereta, harur ada izin terlebih dahulu dari pemerintah selaku regulator, dalam hal ini Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub.

Kuswardoyo menyebut, PT KAI sudah mengajukan izin operasional di jalur Cibatu-Garut ke Kemenhub sejak lama. Bahkan, Bupati Garut, disebut telah berulang kali berkomunikasi dengan kementerian pusat terkait hal itu.”Namun sampai saat ini kami belum terima izin operasinya. Target saya belum tahu, karena semua kembali ke pemerintah. Tinggal tunggu pemerintah ketuk palu,” kata dia, pekan lalu.

Kendati kereta api belum juga melintasi jalur Cibatu-Garut, Kuswardoyo menambahkan, PT KAI terus melakukan perawatan rutin sarana dan prasarana yang tersedia. Itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kerusakan.

related posts

Leave a Comment