31.2 C
Jakarta

Kementerian ESDM dan ERIA Kerja Sama di Sektor NZE

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Kementerian ESDM telah menandatangani Memorandum of Cooperation (MoC) dengan Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA). Kementrian ESDM d iwakili oleh Sekretaris Jenderal ESDM, Dadan Kudiada, dan Chief Operating Officer (COO) ERIA, Koji Hachiyama. Penandatanganan tersebut d isaksikan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Presiden ERIA.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM, Agus Cahyono Adi, menjelaskan bahwa kesepakatan ini bertujuan untuk membentuk kerangka kerja sama antara Kementerian ESDM dan ERIA. Tujuannya menggabungkan sumber daya manusia, riset, dan pengembangan kebijakan dalam rangka transisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

“Langkah ini merupakan tindak lanjut dari Asia Zero Emission Community (AZEC) Leaders Joint Statement,” kata Agus pada Senin (27/3/2024).

Agus menambahkan bahwa kerja sama ini akan mencakup dukungan untuk pengembangan kebijakan, strategi, rencana, dan opsi terkait dengan AZEC. Ini akan berfokus pada efisiensi energi, perdagangan karbon, pengembangan energi baru terbarukan. Juga termasuk pengurangan emisi dalam sektor pembangkit listrik dan elektrifikasi di sektor transportasi.

“Selain itu, kerja sama ini juga akan melibatkan pengembangan sumber daya manusia dan pertukaran informasi terkait transisi energi dan teknologi pendukungnya,” jelas Agus.

MoC antara Kementerian ESDM dan ERIA akan mencakup pelaksanaan kajian dan riset kebijakan yang akan membantu mempercepat upaya transisi energi. Selain itu, MoC juga akan memungkinkan peningkatan pengembangan bersama dengan penyediaan pemagangan bagi pegawai KESDM di ERIA sebagai secondee, serta bentuk kerja sama lain yang akan d itentukan secara bersama oleh kedua belah pihak.*[]

Related articles

Recent articles

spot_img