Koalisi Pendukung Prabowo-Gibran Mulai Bahas Formasi Kabinet

by admin
2 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengungkapkan bahwa telah ada pembicaraan mengenai formasi kabinet di antara partai-partai koalisi pendukung Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Namun, Muzani belum mengetahui secara rinci alokasi jumlah menteri untuk masing-masing partai pendukung, karena hal tersebut masih dalam pembahasan para ketua umum (ketum) partai.

“Itu sepenuhnya pembicaraan antara ketum partai koalisi dengan presiden terpilih, saya belum intip pembicaraannya,” kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/5/24).

Muzani menambahkan bahwa Prabowo, sebagai presiden terpilih, berkomitmen untuk merangkul semua pihak, baik yang mendukung maupun yang tidak mendukung dirinya, demi menjaga persatuan dan kesatuan. “Akan mengayomi yang memilih maupun tidak memilih, saya kira ini bentuk komitmen presiden terpilih Prabowo terhadap kerukunan, kebersamaan,” ujarnya.

Pernyataan Muzani mengenai pembicaraan formasi kabinet ini muncul sebagai respons terhadap pernyataan Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, yang menyatakan keyakinannya bahwa PAN akan mendapatkan lebih dari empat kursi menteri.

Pada Selasa (21/5), Saleh mengatakan hal tersebut dengan dasar loyalitas PAN terhadap Prabowo, mengingat PAN telah bersama Prabowo selama 10 tahun di luar pemerintahan.

“Kalau misal ada kader PAN yang menyebut empat (kursi menteri), itu doa dan harapan. Tapi kalau doa, jangan tanggung, jangan empat, kasih lima, enam, nah itu yang masuk akal,” kata Saleh.

Muzani menegaskan kembali bahwa diskusi mengenai alokasi menteri masih berlangsung dan merupakan wewenang ketua umum partai koalisi bersama presiden terpilih. Saat ini, fokus utama adalah memastikan formasi kabinet yang akan mendukung efektivitas pemerintahan Prabowo-Gibran ke depan.**

Sumber : Antaranews

related posts