25.4 C
Jakarta

Menyemarakkan Hari Refill Sedunia, AIR Ajak Masyarakat kolaborasi untuk Kurangi Penggunaan Botol Plastik

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Aksi Indonesia Refill (AIR) resmi d iluncurkan di Up All Might Space, Jakarta, bertepatan dengan perayaan Hari Refill Sedunia. Acara ini mengundang berbagai stakeholder seperti Perwakilan dari Dewan Kota Jakarta Selatan dan BUMN Hijau untuk berkenalan dan berdiskusi bersama, termasuk komunitas, NGO, pelaku industri, dan gerakan yang peduli terhadap isu penggunaan berlebihan produk dan kemasan sekali pakai.

Dalam peluncuran ini, AIR menyoroti masalah serius terkait limbah plastik di Indonesia yang terus meningkat, mencapai 12,54 juta ton pada tahun 2022. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) juga menunjukkan bahwa 40% warga Indonesia menggunakan air kemasan, dengan peningkatan penggunaannya mencapai 124% setiap tahunnya. Fakta ini menunjukkan urgensi untuk mengambil tindakan nyata dalam mengurangi penggunaan produk dan kemasan sekali pakai.

Komitmen untuk Lingkungan dan Masyarakat

Aksi Indonesia Refill hadir dengan komitmen kuat untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Melalui tindakan kecil yang dapat d ilakukan setiap hari, AIR percaya bahwa setiap orang dapat berkontribusi dalam menjaga lingkungan dari beban sampah plastik. AIR merupakan gerakan kolektif yang melibatkan berbagai stakeholder, mulai dari komunitas, organisasi pelajar, dan pelaku usaha, serta elemen masyarakat lainnya dalam upaya bersama mengurangi penggunaan air minum kemasan sekali pakai.

“Kami mengajak semua orang untuk ikut ambil bagian dalam langkah kecil namun nyata untuk menjaga lingkungan dari beban sampah plastik,” ujar Ricardo Taufano, mewakili AIR. “Dengan kampanye ini, kami ingin menyadarkan masyarakat tentang manfaat dari mengisi ulang air minum d ibandingkan membeli air minum dalam kemasan.”

Ide Besar Kampanye #DaripadaBeliMendingIsi 

Kampanye #DaripadaBeliMendingIsi d iusung sebagai ide besar untuk menyadarkan masyarakat mengenai manfaat aksi kecil mengisi ulang air minum. Kampanye ini menggunakan kalimat komparasi untuk menonjolkan perbandingan dengan perilaku umum saat ini, yaitu membeli air minum dalam kemasan.

Misi Aksi Indonesia Refill

1. Mendorong Adopsi Perilaku Ramah Lingkungan – Mengurangi konsumsi air minum dalam kemasan melalui kesadaran dan edukasi.

2. Mendorong Ketersediaan Akses ke Air Minum Isi Ulang – Memastikan tersedianya akses air minum isi ulang di ruang publik untuk mendorong adopsi perilaku yang lebih luas.

Peran Pemerintah DKI Jakarta

AIR menekankan bahwa peran pemerintah, khususnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, sangat penting dalam mencapai misi ini. Kami mendorong pemerintah untuk menyediakan infrastruktur dan segala hal yang d ibutuhkan guna mendukung ketersediaan akses air minum isi ulang di ruang-ruang publik. Kerjasama antara pemerintah, komunitas, dan sektor swasta sangat krusial untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Gerakan yang Mengukur Dampak

Melalui kampanye ini, AIR berkomitmen untuk mengukur dampak dari setiap aktivitas yang d ilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap kolaborator. Beberapa indikator dampak yang d iukur meliputi:

1. Jumlah Sampah Plastik yang Berhasil D ikurangi – Pengurangan sampah plastik dari pengisian air dan iklan d igital.

2. Jumlah Emisi Karbon yang Berhasil D ikurangi – Pengurangan emisi karbon dari pengisian air minum isi ulang.

3. Jumlah Orang yang Berhasil D ilibatkan – Partisipasi masyarakat dalam memberikan dampak lingkungan.

Aksi Indonesia Refill berharap kampanye ini dapat menjadi langkah awal menuju perubahan besar dalam perilaku konsumsi masyarakat, khususnya dalam hal penggunaan air minum. Dengan partisipasi aktif dari berbagai pihak, AIR yakin dapat menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang.**

Related articles

Recent articles

spot_img