25.4 C
Jakarta

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama dan Terbesar di Asia Tenggara

Published:

Peresmian Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu, (03/07/2024). (Foto: Humas Setkab/Oji)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ekosistem Baterai dan Kendaraan Listrik Korea Selatan di Indonesia yang digelar di PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Karawang Barat, Provinsi Jawa Barat, Rabu (03/07/2024).

Presiden mempercayai bahwa dengan meresmikan pabrik baterai dan kendaraan listrik ini akan menjadi babak baru dan tonggak komitmen Indonesia untuk menjadi pemain global di ekosistem EV sel baterai dan kendaraan listrik.

kamuang paling penting, kita harus betul-betul bisa masuk sebagai pemain global dalam rantai pasokan kendaraan listrik. Satu ini sudah dimulai dan ini merupakan pabrik sel baterai EV yang pertama dan yang terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Presiden meyakini tidak ada yang bisa menghalangi Indonesia dalam kompetisi ekosistem kendaraan listrik dan bahan materialnya sudah ada lengkap di Indonesia.

Saya yakin bahwa kompetisi kita dengan negara-negara lain akan bisa kita menangkan, karena tambangnya ada di sini, nikelnya ada di sini, bauksitnya ada di sini, tembaganya ada di sini, ada smelter, masuk ke katoda Dan prekursorBahasa Indonesia: kemudian masuk ke Baterai EVkemudian pabrik mobilnya ada di sini, terintegrasi dalam sebuah ekosistem untuk mobil listrik,” tegasnya.

Kepala Negara juga sangat menghargai konsorsium antara Hyundai dan LG dalam membangun paket besar ekosistem baterai listrik, ini menandakan bahwa semakin baiknya hubungan antara Korea Selatan dengan Indonesia.

“Dengan investasi sebesar Rp160 triliun yang akan diselesaikan secara bertahap. Semoga ini menandai semakin baiknya hubungan antara Republik Korea dan Indonesia,” pungkasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam Kegiatan Peresmian di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian (Men Perin) Agus Gumiwang, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, Menteri Perdagangan, Perindustrian, dan Energi Republik Indonesia Korea Jeong In-kyoDuta Besar Korea untuk Indonesia Lee Sang-deokKetua Eksekutif Hyundai Motor Group Euisun Chung, Presiden Eksekutif LG Energy Solution Kim Dong Myung.(Bahasa Indonesia: KS/DNS)

Related articles

Recent articles

spot_img