25.4 C
Jakarta

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia | Presiden Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dan Pelaksanaan IJD di Provinsi Riau Presiden Resmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang Ruas Bangkinang-Pangkalan Seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dan Pelaksanaan IJD di Provinsi Riau

Published:

Presiden Jokowi meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Riau, Jumat (31/05/2024) pagi di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. (Foto: BPMI Setpres/Kris)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau, Jumat (31/05/2024) pagi di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

“Alhamdulillah hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan untuk tahap I, yaitu Bangkinang ke Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 kilometer, yang kita bangun sejak tahun 2019 sampai 2024, menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan,” ucap Presiden.

Ia mengatakan bahwa jalan tol ini merupakan sirip dari Jalan Tol Trans Sumatera. Presiden berharap, pembangunan jalan tol ini dapat terus berlanjut hingga tersambung dari Pekanbaru ke Kota Padang.

“Saya hanya titip kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan, didesain untuk disambungkan ke kawasan-kawasan produktif, baik itu kawasan pertanian, kawasan perkebunan, kawasan pariwisata, sehingga betul-betul riil ada manfaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga mobilitas orang, mobilitas barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi, sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden juga meresmikan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau. Ia menjelaskan, pelaksanaan IJD tersebut mencakup pembangunan dan perbaikan sepuluh ruas jalan sepanjang 63 kilometer dengan total biaya Rp369 miliar.

“Dan dengan mengatakan bismillahirrahmanirrahimpada pagi hari ini saya resmikan Jalan Tol Pekanbaru Padang ruas Bangkinang-Pangkalan seksi Bangkinang-Koto Kampar dan Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Riau,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Presiden, antara lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono, dan Pj. Gubernur Riau S.F. Hariyanto. (TGH/AS)

Related articles

Recent articles

spot_img