25.4 C
Jakarta

Studi Baru Menghilangkan Risiko Kesehatan pada Cokelat Hitam

Published:

Sebuah penelitian di Universitas Tulane menemukan bahwa coklat hitam tidak menimbulkan risiko kesehatan yang merugikan bagi orang dewasa dan mengandung sejumlah mineral penting yang bermanfaat. Dengan menguji 155 sampel coklat untuk 16 logam, para peneliti menemukan bahwa hanya sedikit coklat yang memiliki kadar kadmium atau timbal, yang terutama berdampak pada anak-anak. Meskipun terdapat kadar timbal yang tinggi pada coklat tertentu, tidak ada risiko yang signifikan. Manfaat nutrisi coklat hitam, termasuk tingginya kadar tembaga, besi, mangan, magnesium, dan seng, bahkan dapat mengurangi penyerapan logam beracun. Analisis geografis mengungkapkan bahwa coklat Amerika Selatan memiliki kadar kadmium dan timbal yang lebih tinggi dibandingkan coklat dari Asia dan Afrika Barat.

Penelitian Universitas Tulane menegaskan bahwa mengonsumsi cokelat hitam setiap hari aman bagi orang dewasa, memiliki risiko kesehatan minimal, dan menawarkan manfaat nutrisi yang signifikan.

Penggemar cokelat mungkin khawatir dengan penemuan Consumer Reports tahun 2023 yang menyatakan bahwa merek cokelat hitam tertentu mungkin mengandung timbal dan kadmium dalam jumlah yang berbahaya.

Namun, sebuah studi baru oleh Universitas Tulane yang dipublikasikan di Penelitian Makanan Internasional telah menemukan bahwa coklat hitam tidak menimbulkan risiko buruk bagi orang dewasa dan mengandung mineral esensial dalam jumlah yang bermanfaat.

Penelitian ini mengambil sampel 155 coklat hitam dan coklat susu dari berbagai merek global yang dijual di Amerika Serikat dan menguji keberadaan 16 logam berat mulai dari yang beracun (timbal dan kadmium) hingga yang esensial (tembaga, besi, seng). Penelitian tersebut kemudian memodelkan risiko makan satu ons coklat per hari yang setara dengan mengonsumsi lebih dari dua batang coklat utuh dalam seminggu.

Logam Berat dalam Cokelat

Penelitian tersebut menemukan bahwa hanya satu merek coklat hitam yang melebihi batas internasional untuk kadmium dalam batangan yang mengandung lebih dari 50% kakao (800 mikrogram per kilogram) dan hanya empat batang coklat hitam yang memiliki kadar kadmium yang dapat menimbulkan risiko bagi anak-anak dengan berat badan 33 pon atau kurang dari rata-rata berat badan anak usia 3 tahun di AS

“Bagi orang dewasa, tidak ada risiko kesehatan yang merugikan akibat mengonsumsi cokelat hitam, dan meskipun ada sedikit risiko bagi anak-anak pada empat dari 155 batang cokelat yang diambil sampelnya, tidak umum melihat anak berusia 3 tahun mengonsumsi lebih dari dua cokelat secara rutin. coklat batangan per minggu,” kata penulis utama Tewodros Godebo, asisten profesor ilmu kesehatan lingkungan di Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Universitas Tulane. “Apa yang kami temukan adalah cukup aman mengonsumsi coklat hitam dan coklat susu.”

Saat diuji kandungan timbalnya, dua batang coklat mengandung kadar di atas standar sementara California untuk coklat hitam, namun tidak ada yang dipastikan menimbulkan risiko buruk bagi anak-anak atau orang dewasa.

Meskipun dua penelitian sebelumnya di AS meneliti keberadaan timbal dan kadmium dalam coklat, penelitian ini menggunakan ukuran sampel terbesar, memperluas cakupan pengujian menjadi 16 logam, dan mencakup penilaian risiko logam beracun yang menyumbang kontribusi nutrisi pada produk-produk penting. mineral.

Mineral Penting dalam Cokelat Hitam

Cokelat hitam ditemukan mengandung nutrisi tingkat tinggi seperti tembaga, besi, mangan, magnesium, dan seng, dan beberapa sampel cokelat menyediakan lebih dari 50% kebutuhan harian untuk anak-anak dan orang dewasa, kata Godebo.

“Tidak hanya mengandung mineral penting ini, tetapi juga berpotensi mengurangi penyerapan logam beracun di usus karena logam-logam ini bersaing untuk mendapatkan tempat yang sama,” kata Godebo.

Studi ini menemukan bahwa sebagian besar timbal dalam coklat berasal dari proses pasca panen, sedangkan kadmium berasal dari tanah dan melewati tanaman dan masuk ke dalam biji kakao.

Para peneliti juga mengurutkan coklat secara geografis dan menemukan bahwa coklat hitam dari Amerika Selatan memiliki kadar kadmium dan timbal yang lebih tinggi dibandingkan coklat dari Asia dan Afrika Barat, yang merupakan sumber utama coklat hitam untuk Amerika Serikat.

“Tetapi bahkan untuk coklat dari Amerika Selatan, kami menemukan tidak ada risiko buruk jika mengonsumsi satu ons coklat per hari,” kata Godebo.

Referensi: “Kemunculan logam berat ditambah dengan peningkatan kadar elemen penting dalam coklat: Penilaian risiko kesehatan” oleh Tewodros Rango Godebo, Hannah Stoner, Pornpimol Kodsup, Benjamin Bases, Sophia Marzoni, Jenna Weil, Matt Frey, Preston Daley, Alexa Earnhart, Gabe Ellias, Talia Friedman, Satwik Rajan, Ned Murphy dan Sydney Miller, 20 April 2024, Penelitian Makanan Internasional.
DOI: 10.1016/j.foodres.2024.114360

Related articles

Recent articles

spot_img