25.4 C
Jakarta

Studi Menunjukkan Bahwa Pelari Elit Hidup Hampir Lima Tahun Lebih Lama Dibandingkan Masyarakat Umum

Published:

Sebuah studi yang menandai peringatan 70 tahun lari sub-empat menit Sir Roger Bannister menunjukkan bahwa 200 pelari pertama yang mencapai tonggak sejarah ini hidup hampir lima tahun lebih lama dari rata-rata, yang menggarisbawahi manfaat kesehatan jangka panjang dari kebugaran aerobik.

Sebuah studi baru yang dirilis untuk memperingati 70 tahun rekor mil sub-empat menit Sir Roger Bannister telah mengungkapkan bahwa 200 pelari pertama yang mencapai tonggak sejarah ini memiliki sifat luar biasa lainnya.

Penelitian yang dilakukan oleh tim di Australia dan Kanada mengungkapkan bahwa rata-rata 200 pelari elit hidup hampir lima tahun lebih lama dibandingkan populasi umum.

Profesor Mark Haykowsky, Ketua Penelitian Penuaan dan Kualitas Hidup di Fakultas Keperawatan di Universitas Alberta, mengatakan temuan yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan pentingnya kebugaran aerobik.

Profesor Haykowsky mengatakan: “Menembus jarak empat menit adalah pencapaian luar biasa 70 tahun yang lalu dan mengungkapkan apa yang dapat dicapai oleh tubuh manusia. Hal ini memicu gelombang pelari yang mengikuti jejak Sir Roger yang perkasa.

“Yang luar biasa kami menemukan bahwa seperti Sir Roger, yang hidup hingga usia lanjut, yaitu 88 tahun, sebagian besar pelari pertama juga hidup hingga usia 70-an, 80-an, dan sebagian besar masih hidup dan sehat saat ini.”

Kesehatan dan Panjang Umur

Tim multinasional melacak catatan kesehatan 200 orang pertama yang menyelesaikan lari kurang dari empat menit. Ini termasuk pelari dari Inggris, Australia, Perancis, Selandia Baru, dan Amerika Serikat yang lahir antara tahun 1928 hingga 1955. Ke-200 pelari tersebut adalah laki-laki, dan sebagian besar masih hidup.

Profesor Andre La Gerche, ahli jantung olahraga terkenal di dunia yang mengepalai Laboratorium HEART yang didukung oleh Institut Penelitian Medis St Vincent dan Institut Penelitian Jantung Victor Chang di Australia, mengatakan: “Penelitian kami bertujuan untuk melihat bagaimana olahraga memengaruhi atlet elit selama bertahun-tahun. jangka panjang. Kami tahu bahwa atlet elit memiliki jantung yang lebih besar karena hasil aerobik mereka yang berkelanjutan dan terdapat keyakinan bahwa hal ini dapat memengaruhi kesehatan dan umur panjang mereka, namun kami menemukan hal sebaliknya.

“Lima tahun hidup ekstra dibandingkan dengan rata-rata sangatlah signifikan, terutama ketika kami menemukan bahwa banyak dari pelari ini tidak hanya menikmati umur panjang tetapi juga sehat.

“Tidak semua orang harus mampu berlari kurang dari empat menit untuk menikmati kesehatan yang baik hingga usia tua, namun mereka perlu berolahraga secara teratur dan mendorong diri mereka sendiri secara aerobik.”

Rekor dunia untuk jarak satu mil sekarang mencapai 3,43 dan dipegang oleh Hicham El Guerrouj dari Maroko. Ollie Hoare adalah orang Australia tercepat (3.47.48) dan Kevin Sullivan memegang rekor Kanada (3.50.26) yang keduanya dibuat di Bislett Games di Oslo, Norwegia. Belum ada pelari wanita yang berhasil menembus batas waktu empat menit. Rekor dunia wanita saat ini berada pada 4:07.64, dibuat oleh Faith Kipyegon dari Kenya pada tahun 2023.

Referensi: “Berlari lebih cepat dari malaikat maut: umur panjang pelari pria 200 sub-4 menit pertama” oleh Stephen Foulkes, Dean Hewitt, Rachel Skow, Douglas Dover, Padma Kaul, André La Gerche dan Mark Haykowsky, 10 Mei 2024, Jurnal Kedokteran Olahraga Inggris.
DOI: 10.1136/bjsports-2024-108386

Related articles

Recent articles

spot_img