26.8 C
Jakarta

Kemenangan Besar Bagi Pengecer Listrik Online Inggris AO Saat Stok Meningkat 40%

Published:

Retailer elektronik dan listrik online Inggris AO World menutup tahun keuangan 2024 dengan kenaikan laba per saham sebesar 280%, memberikan keuntungan bagi investor meskipun pendapatannya turun 9% menjadi £1,039 miliar ($1,314 miliar).

Saham AO mengakhiri minggu ini pada £1,12, naik hampir 40% dibandingkan tahun lalu, dengan laba per saham £4,29 versus £1,13 tahun lalu. Perusahaan merilis hasil tahunannya (untuk 12 bulan yang berakhir pada 31 Maret) pada hari Rabu, namun sahamnya terus meningkat selama setahun terakhir sebagai respons terhadap strategi yang berfokus pada profitabilitas.

Pendiri dan CEO AO, John Roberts, mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Kami telah membuat kemajuan yang baik dalam kinerja laba kami di tahun fiskal 2024. Kini, kami menjadi bisnis yang jauh lebih sederhana dan efisien dengan unit ekonomi yang sangat baik dan berkelanjutan.”

Laba sebelum pajak yang disesuaikan meningkat lebih dari 180% menjadi £34,3 juta ($43,4 juta) bahkan ketika pendapatan menurun karena keputusan untuk menghapus saluran non-inti dan penjualan yang merugi tahun lalu. Setelah melakukan hal tersebut, AO yakin kini dapat menghasilkan pertumbuhan pendapatan dua digit di FY25 bersamaan dengan kenaikan laba lainnya menjadi £41 juta.

Salah satu tujuan strategis utama AO adalah meningkatkan skor kepuasan pelanggan sebagai cara untuk mendorong penjualan. “Selama tahun ini kami melampaui tonggak sejarah 500.000 ulasan Trustpilot, dengan peningkatan skor sebesar 4,8 dari 5. Hal ini menempatkan AO sebagai pengecer terkemuka dan paling tepercaya di Inggris Raya untuk kombinasi volume dan kualitas,” kata Roberts.

Namun, ada beberapa tantangan. Bisnis seluler AO mengalami kerugian pada tahun fiskal 2024. Hal ini mendorong perusahaan untuk memperkuat posisi pasarnya melalui akuisisi hak IP untuk dua situs web: Affordable Mobiles dan Buy Mobiles, sehingga perusahaan memiliki saluran tambahan untuk meningkatkan skala bisnisnya di pasar yang sangat kompetitif.

Transisi strategis

Mengomentari kinerja AO, Oliver Maddison, analis ritel di perusahaan data GlobalData, mengatakan: “AO World berada dalam fase transisi dalam kemajuannya menuju tujuan bisnisnya yang berfokus pada penjualan yang menguntungkan dan penghematan efisiensi yang signifikan, khususnya biaya pergudangan dan administrasi. Mereka berupaya merasionalisasi operasi, termasuk melalui peningkatan penggunaan penyedia pihak ketiga.”

Harapan AO akan pertumbuhan pendapatan yang kuat pada tahun fiskal 2025 dibangun atas antisipasi peningkatan belanja konsumen untuk teknologi. Ini mungkin terlalu optimis mengingat GlobalData memperkirakan belanja ritel listrik daring di Inggris akan meningkat hanya sebesar 0,4% tahun ini.

Selain itu, pesaing besar AO, Currys, meningkatkan kampanyenya untuk meningkatkan pendapatan menggunakan strategi serupa. Pemimpin pasar teknologi Inggris ini terpukul oleh menurunnya permintaan konsumen akan listrik dalam beberapa tahun terakhir, namun kemungkinan besar juga akan mengalami pemulihan seiring dengan membaiknya pendapatan dan kepercayaan konsumen, menurut Maddison.

Perusahaan juga berfokus pada perolehan penjualan yang menguntungkan, dengan laba sebelum pajak yang disesuaikan naik sebesar 10% menjadi £118 juta pada tahun hingga 27 April 2024 (dan diumumkan sehari setelah hasil AO). Hal ini terjadi meskipun penjualan grup menurun sebesar 4% menjadi £8,5 miliar (di mana Nordik menyumbang £3,8 miliar).

Mengenai jalur AO di masa depan, Maddison berkomentar: “Untuk meningkatkan peluangnya memperoleh pangsa pasar, AO harus mengatasi kurangnya akses terhadap konsumen berusia 16-34 tahun, yang cenderung tidak membeli dari AO dibandingkan enam perusahaan listrik terkemuka di Inggris. pengecer, menurut survei How Britain Shops tahun 2023 dari GlobalData.

“Untuk melakukan ini, AO harus terus berekspansi di area dengan penetrasi tertinggi di kalangan konsumen muda (seperti peralatan elektronik perawatan pribadi dan audio portabel), mengalihkan anggaran pemasarannya dari iklan TV ke media alternatif seperti streaming, dan berinvestasi dalam infrastruktur pengirimannya untuk mencapai pemenuhan pesanan yang lebih murah dan lebih cepat.”

Related articles

Recent articles

spot_img