25.2 C
Jakarta

Anies Baswedan, Suara Akar Rumput dan Dinamika Politik Jakarta

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Dalam suasana politik yang semakin memanas, nama Anies Baswedan kembali mencuat sebagai perbincangan di kalangan masyarakat akar rumput. Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengakui bahwa banyak suara dari kalangan menengah ke bawah yang menginginkan Anies maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta, Sabtu (29/06/2024).

Namun, Hasto menekankan bahwa keputusan partai tidak hanya berdasarkan popularitas semata.

“Nama Pak Anies banyak disuarakan di akar rumput, tetapi banyak partai kan juga harus melihat secara komprehensif,” ujarnya saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Dilansir dari Antaranews.com, PDIP sebagai partai yang mendengarkan aspirasi dari berbagai lapisan masyarakat, tidak hanya memperhatikan faktor elektoral. Suara akar rumput dan wong cilik juga menjadi pertimbangan utama. Komitmen untuk memperbaiki nasib mereka harus menjadi fokus dalam kerja sama dengan berbagai pihak selama Pilkada.

Selain itu, PDIP telah mengadakan pelatihan bagi calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah. Pada 1 Juli 2024, akan diadakan pelatihan gelombang kedua. Ketua DPP PDIP, Puan Maharani, juga menilai Anies menarik sebagai calon pemimpin Jakarta. PDIP terus mengembangkan pendekatan untuk mendengarkan komitmen akar rumput.

Hasto menegaskan pentingnya mendengarkan suara kebhinekaan. Bagaimana berbagai lapisan masyarakat merasakan perubahan dan bagaimana kebijakan akan memengaruhi mereka harus menjadi pertimbangan utama.

Namun, arahan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, tetap menentukan langkah partai. Terutama di wilayah strategis seperti DKI Jakarta, PDIP akan memantau dinamika politik yang terus berkembang.

Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, merasa terhormat karena PDIP tertarik untuk mendukungnya maju dalam Pilkada Jakarta.

“Saya sampaikan apresiasi sekali, sebuah kehormatan yang luar biasa,” kata Anies saat ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu, 8 Juni 2024 lalu.**

Related articles

Recent articles

spot_img