Presiden Jokowi Dorong Wartawan Tanyakan Sikap PDI Perjuangan terkait Oposisi

by admin
1 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Presiden Joko Widodo menyarankan wartawan untuk menanyakan kepada elite PDI Perjuangan mengenai kesiapan partai tersebut untuk berada di luar pemerintahan (oposisi).

“Ya, tanyakan saja kepada mereka yang ada di PDI Perjuangan,” ujar Presiden Joko Widodo secara singkat usai meresmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara Panglima Besar Soedirman dan 20 rumah sakit TNI di Jakarta, pada hari Senin (19/02/2024).

Jokowi menanggapi pernyataan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, yang menyatakan kesiapan partainya untuk berada di luar pemerintahan sebagaimana d ikutip dari Antaranews.com.

Meskipun demikian, Presiden Joko Widodo tidak memberikan tanggapan lebih lanjut mengenai pernyataan tersebut. Dia kemudian menjawab pertanyaan lain dari para jurnalis.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, telah menegaskan bahwa partainya siap untuk menjadi oposisi, menggunakan parlemen sebagai alat untuk menjalankan fungsi check and balance.

Menurutnya, menjadi oposisi adalah tugas patriotik yang sebelumnya telah d iemban oleh PDI Perjuangan pasca Pemilu 2004 dan Pemilu 2009.

Pernyataan Hasto tersebut d isampaikan pada Kamis, 15 Februari 2024, satu hari setelah berlangsungnya Pemilu 2024. PDI Perjuangan sendiri merupakan partai yang mengusung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md dalam Pilpres 2024.*[]

related posts