25.4 C
Jakarta

RIG Milik Pertamina Tiba di Laut Jawa, Siap Cari Migas Sedalam 30.000 Kaki

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL – Jackup Rig bernama Emerald Driller milik PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Drilling Service Indonesia (PDSI) telah sampai di Laut Jawa dan siap melakukan pengeboran minyak dan gas (migas) sedalam 30.000 kaki.

RIG ini merupakan kerja sama PDSI dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Jackup RIG ini merupakan sebuah platform yang dapat mengapung dan memiliki tiga kaki yang dapat dinaikturunkan. Rig tipe jackup dapat digunakan untuk mengebor sumur eksplorasi dan juga sumur development (pengembangan).

‘Emerald Driller’ merupakan jackup rig dengan tipe BMC 375, dilengkapi dengan spud can tip, yang sesuai dengan kebutuhan di Laut Jawa.

Dalam proyek ini, Pertamina Drilling menggandeng ADES Group, sebuah perusahaan jasa pengeboran Arab Saudi yang telah mengoperasikan rig offshore dan onshore di sepanjang Timur Tengah dan Asia, untuk penyediaan jackup rig ‘Emerald Driller’ berkekuatan 3.000 horsepower (hp) yang dapat mengebor hingga kedalaman 30.000 kaki.

Direktur Utama Pertamina Drilling Avep Disasmita menyambut baik tibanya jackup rig di Indonesia yang berperan penting untuk mencapai target 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas 12 miliar kaki kubik per hari (BSCFD).

“Peran penting Pertamina Drilling dalam upaya mendukung pencapaian target produksi minyak nasional sebesar 1 juta BOPD dan gas sebesar 12 BSCFD untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri semakin terlihat.” kata Avep dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/7/2024).

Selain itu, langkah ini juga menjadi salah satu pencapaian yang besar bagi PDSI yang berhasl meningkatkan peran strategisnya dalam penyediaan energi Indonesia melalui kontrak long term Jackup Drilling Rig Service ini.

“Kemampuan Pertamina Drilling dalam menjalankan operasi dan bisnis hulu minyak dan gas (migas) membawa semangat baru dan simbol kebangkitan nasional untuk mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional,” ujar Avep.

Sebelumnya, jackup rig ‘Emerald Driller’ telah melalui proses inspeksi dan mobilisasi dari Qatar menuju Laut Jawa menggunakan Dry Tow, yaitu menggendong jackup rig di atas Heavy Lift Vessel yang menempuh jarak lebih dari 4.000 NM. Selama mobilisasi rig, kru senior ‘Emerald Driller’ juga selesai menjalani beberapa pelatihan wajib terkait aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), seperti HSSE Introductions, SIKA, dan PETROL.

Pertamina Drilling, PHE OSES, dan PHE ONWJ telah melakukan full condition inspection terhadap jackup rig ‘Emerald Driller’ di Qatar pada bulan Maret-April 2024, diikuti dengan pelatihan kepada seluruh kru ‘Emerald Driller’ pada bulan Mei 2024.

Related articles

Recent articles

spot_img