31.1 C
Jakarta

Senator-senator kunci mencapai kesepakatan mengenai pengeluaran, yang memicu bentrokan dengan DPR

Published:

WASHINGTON (AP) — Senat akan menaikkan anggaran tahun depan sekitar 3,4% untuk pertahanan dan kenaikan 2,7% untuk program nonpertahanan berdasarkan kesepakatan yang dicapai oleh sejumlah anggota DPR dari Partai Demokrat dan Republik di Komite Alokasi Senat. Kesepakatan ini berpotensi bentrok dengan DPR yang sedang menaikkan anggaran untuk kedua kategori tersebut.

Di bawah sebuah kesepakatan dicapai tahun lalu oleh Presiden Joe Biden dan Ketua DPR saat itu Kevin McCarthy, pengeluaran ditetapkan meningkat 1% untuk program pertahanan dan nonpertahanan pada tahun fiskal 2025, sehingga jumlahnya menjadi sekitar $780,4 miliar untuk nonpertahanan dan $895,2 miliar untuk pertahanan.

Beberapa senator mengatakan kenaikan tersebut tidak akan mengimbangi inflasi dan sama saja dengan pemotongan banyak program.

Perjanjian bipartisan Senat yang diluncurkan minggu ini akan menyediakan $13,5 miliar lebih banyak dalam pendanaan darurat untuk program nonpertahanan dan $21 miliar lebih banyak untuk program pertahanan daripada yang disediakan perjanjian Biden-McCarthy.

Sementara itu, Partai Republik di DPR mengejar arah yang lebih ketatyang memperbolehkan kenaikan 1% untuk pertahanan, tetapi pemotongan signifikan untuk non-pertahanan, sehingga rata-rata pemotongannya sekitar 6%, meskipun beberapa program akan dipotong lebih banyak lagi dan beberapa prioritas GOP tidak dipotong sama sekali.

Sementara beberapa senator Republik menuntut lebih banyak pengeluaran pertahanan, Demokrat bersikeras pada perlakuan serupa untuk program nonpertahanan.

“Saya telah menegaskan bahwa kita tidak boleh gagal mengatasi tingkat pendanaan yang tidak mencukupi yang kita hadapi dan bahwa saya sama sekali tidak akan mengabaikan kebutuhan mendesak di luar pertahanan,” kata Senator Patty Murray, ketua Demokrat dari Komite Alokasi Senat.

Murray telah bernegosiasi dengan Senator Susan Collins, anggota senior Partai Republik di komite tersebut, mengenai pengeluaran diskresioner untuk tahun depan. Pengeluaran tersebut tidak termasuk pengeluaran wajib untuk program-program utama, yaitu Jaminan Sosial dan Medicare, yang mewakili sekitar dua pertiga dari pengeluaran federal tahunan dan tidak memerlukan pemungutan suara tahunan oleh Kongres.

Collins mengatakan AS menghadapi salah satu lingkungan keamanan paling berbahaya dalam 50 tahun terakhir dan bahwa ancaman dari Iran, Rusia, dan Tiongkok “harus dihadapi dengan tekad untuk berinvestasi dalam pertahanan nasional yang lebih kuat.”

“Berdasarkan perjanjian ini, pendanaan tambahan untuk militer kita akan disertai dengan upaya untuk menghentikan aliran fentanil di perbatasan kita, berinvestasi dalam penelitian biomedis, dan mempertahankan program perumahan yang terjangkau,” kata Collins.

DPR yang dipimpin Partai Republik bertindak lebih cepat dalam hal pengeluaran daripada Senat. DPR telah meloloskan empat dari 12 RUU pengeluaran tahunan sejauh ini, sementara Senat belum meloloskan satu pun. Namun, keempat RUU DPR tersebut telah menghasilkan ancaman veto dari Gedung Putih, menuai pertentangan luas dari Partai Demokrat, dan tidak memiliki peluang untuk meloloskan Senat dalam bentuknya saat ini.

Artinya, pertempuran berlarut-larut dan berlangsung selama berbulan-bulan yang kemungkinan memerlukan satu atau lebih rancangan undang-undang pengeluaran sementara untuk menjaga pemerintah federal tetap terbuka sepenuhnya ketika tahun fiskal baru dimulai pada tanggal 1 Oktober.

Dengan adanya pemilu dan anggota parlemen yang menghabiskan banyak waktu di luar Washington, Kongres diperkirakan tidak akan menyelesaikan rancangan undang-undang pengeluaran terakhir hingga setelah pemilu. Pengesahan akhir juga dapat ditunda hingga tahun depan jika satu partai berhasil memenangkan Gedung Putih dan kedua majelis Kongres.

Kesepakatan yang dicapai para pemimpin Komite Alokasi Senat terkait pengeluaran terjadi saat komite tersebut bersiap mengambil tiga langkah pengeluaran pertamanya pada hari Kamis.

Related articles

Recent articles

spot_img