Warga Badui Siap Terima Wisatawan pada Tahun Baru 2022

by admin
1 minutes read

Jakarta, BN Nasional — “Kami minta wisatawan mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran klaster COVID-19,” kata Tetua Adat Masyarakat Badui yang juga Kepala Desa Kanekes Kabupaten Lebak, Jaro Saija di Lebak, Antara, Kamis, 30 Desember.

Dia mengatakan masyarakat Badui merasa senang dengan penurunan kasus pandemi, karena wisatawan sudah bisa memasuki kawasan adat Badui. Jaro Saija juga berharap
para wisatawan bisa mentaati aturan adat Badui dengan membuang sampah pada tempat yang disediakan warga di permukiman Badui.

Masyarakat Badui, lanjut dia, juga telah kembali membuka usaha aneka kerajinan mulai kain tenun, souvenir, ikat kepala lomar, tas koja, pakaian kampret, batik Badui hingga minuman madu Lebah.

Selain itu, kata Jaro, wisatawan bisa menikmati keindahan alam serta memakan buah durian seiring dengan tibanya musim durian di kawasan ini.

“Kami berharap dengan dibukanya wisatawan mampu meningkatkan ekonomi warga Badui,” katanya.

Sementara itu, Amir, seorang perajin Badui warga Kadu Ketug Kabupaten Lebak, menyambut positif dengan adanya pembukaan kembali kawasan Badui untuk wisatawan.

“Kami berharap kehadiran wisatawan dapat menyumbangkan ekonomi bagi warga Badui dengan membeli produk aneka kerajinan adat, ” katanya.

Sumber.

related posts