Kementerian ESDM Temukan Cara Efektif Penerapan PLTS di Indonesia

by admin
1 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL.

Kementerian ESDM menemukan cara efektif untuk mengatasi intermitensi pada PLTS di Indonesia yang memiliki cuaca tidak menentu.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengatakan, Asosiasi Energi Surya Indonesia telah melakukan pemasangan piranometer di Pulau Jawa secara tersebar. Piranometer adalah alat untuk mengukur radiasi matahari.

Dari hasil uji teknis tersebut, d isimpulkan bahwa PLTS sebaiknya d ipasang secara tersebar. Pemasangan PLTS secara terpusat di satu lokasi akan menyebabkan intermitensi pada sistem kelistrikan. Ini disebabkan sinar matahari yang d iserap PLTS tidak merata.

“Kesimpulannya PLTS itu sebaiknya d ipasang secara tersebar. Sebenarnya kesimpulan ini sebelum d ipasang pun kita sudah tahu,” kata Dadan di Bandung, Sabtu (16/12/2023). Namun, menurutnya harus ada bukti.

Keakuratan uji teknis ini menjadi dasar pertimbangan pemerintah dalam menggenjot pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan menjadi sumber energi listrik bagi masyarakat Indonesia.

“Programnya sudah semakin baik, alatnya sudah semakin akurat. Jadi kita ini sekarang sudah masuk ke masa bahwa tidak ada lagi hal-hal yang kira-kira men-challenge untuk pemanfaatan EBT di dalam negeri,” ujarnya.

“Ada kecualinya, kita tidak ingin hanya menjadi tempat investasi untuk memasang angin, memasang surya, tapi bukan kita yang membuat alatnya dan komponennya. Ini yang sedang d icari cara yang terbaik, mana sih sebetulnya yang harus d idahulukan,” tambah Dadan.(*)

related posts

Leave a Comment