26.8 C
Jakarta

Kenalkan GK Elite, Merek Pakaian Senam Kecil yang Siap Raih Kemenangan Besar di Olimpiade Paris

Published:

Sejumlah merek besar global akan segera memasuki stadion Olimpiade Musim Panas Paris. Para atlet akan mengenakan busana dari Louis Vuitton, Berlutti, Nike, Ralph Lauren, Asics, The North Face, Left on Friday, Ben Sherman, Le Coq Sportif, Skims, J. Lindeberg, Lululemon, Criuma, dan lain-lain.

Di samping mereka akan ada GK Elite kecil yang melengkapi tim senam Tim USA. Berkantor pusat di Reading, PA sekitar 50 mil dari Philadelphia, GK Elite berencana untuk memanfaatkan peluangnya di bawah sorotan Olimpiade, bahkan mungkin mencuri sedikit perhatian dari merek-merek besar.

Ini akan menjadi sorotan besar. Menurut Statista, senam secara historis menarik penonton Olimpiade musim panas terbesar di AS. Dan uji coba Tim AS tahun ini mencapai rata-rata 7,6 juta pemirsa di NBC karena juara Simone Biles, Suni Lee, Jordan Chiles, dan Jade Carey secara tak terduga lolos ke tim.

Tim USA akan mendapatkan pakaian yang dibuat khusus dengan menampilkan 10.000 kristal Swarovski yang dijahit tangan dan, untuk pertama kalinya tahun ini, beberapa triko lengan panjang akan dihiasi dengan mutiara; lengan panjang menjadi tradisi dalam kompetisi.

Selain itu, GK Elite akan menawarkan serangkaian replika desain tanpa lengan dengan harga mulai dari $50 hingga sekitar $100 untuk dikenakan oleh calon atlet Olimpiade saat berlatih, ditambah kaus untuk menonton pertandingan. Leotard dan perlengkapan lainnya akan tersedia di situs web perusahaan dan melalui kemitraan dengan Dick’s Sporting Goods, Target, Kohl’s, Macy’s, Amazon, dan lainnya.

“Ini adalah momen mode kelas atas kami. Leotard kami banyak mengambil inspirasi dari gaya busana adibusana sebagai bentuk penghormatan kepada kota tuan rumah, Paris,” ungkap CEO Matt Cowan kepada saya.

“Sebagai pemimpin pasar, kami memiliki hubungan dengan Simone, Suni, Jordan, dan Jade dan bekerja sama dengan mereka setiap hari. Kami sangat autentik dalam hal umpan balik produk, apa yang dicari atlet dalam hal kenyamanan dan keindahan saat tampil. Kami selalu harus menyeimbangkan keindahan dan performa,” lanjutnya.

Meski bangga dapat memperlengkapi tim Olimpiade tahun ini, Cowan bahkan lebih bangga lagi dengan kenyataan bahwa semua produk GK Elite dibuat di AS.

“Saya merasa senang bisa membawa merek kami, GK Elite kecil, keluar dari Reading, PA, dan ke panggung dunia,” ungkapnya. “Dan saya merasa sangat bangga dengan 600 orang yang bekerja di sini. Merupakan berkah dan kesempatan yang luar biasa untuk membawa semangat dan produk kami ke Paris.”

Didedikasikan untuk Keindahan dalam Pertunjukan

Untuk uji coba kompetitif menjelang Olimpiade, setiap pesenam bekerja sama dengan tim desain internal GK Elite untuk membuat triko performa yang disesuaikan. Tidak seperti di Olimpiade, saat semua orang akan mengenakan seragam tim merah-putih-biru, uji coba adalah saat para atlet dapat menunjukkan gaya busana khas mereka.

Untuk Kejuaraan Senam Xfinity AS di Fort Worth, TX, Biles ingin meniru pola silang berlapis tas tangan Chanel dalam busananya dan GK memberinya tampilan itu. Lee menginginkan gaya yang lebih kalem dengan warna hijau tua dan Chiles terinspirasi oleh kostum tur “Renaissance” Beyoncé.

Direktur desain GK, Jeanne Diaz, yang telah bekerja di perusahaan tersebut selama 14 tahun dan merupakan mantan atlet senam rekreasi, sangat senang untuk membantu. “Kami benar-benar bangga karena telah mencurahkan seluruh gairah dan hati kami kepada setiap atlet untuk memastikan mereka benar-benar merasa istimewa, karena mereka istimewa bagi kami,” ungkapnya kepada WWD.

Saat pesenam mulai berlatih dengan GK tiga atau empat bulan sebelum acara mereka, mode menjadi hal yang paling utama karena mereka memercayai perusahaan tersebut untuk mengurusi elemen penampilan di balik layar, yang bahkan lebih penting bagi mereka.

Misalnya, Biles harus yakin bahwa saat ia melakukan latihan lantai “triple double” khasnya yang melibatkan tiga kali jungkir balik dan dua kali putaran, trikonya tidak akan menghalanginya dan bagian bawahnya tetap terpasang dengan aman. GK telah menguasai seni memiliki garis kaki yang tidak terangkat atau terlalu terbuka.

Mengembangkan Merek dengan Mengembangkan Olahraga

Matt Cowan bergabung dengan GK Elite pada tahun 2016 sebagai kepala pemasaran dan produk, setelah bekerja dengan Reebok dan Everlast, sehingga ia mengetahui seluk-beluk pasar perlengkapan olahraga. Ia diangkat menjadi CEO Elite Sportswear pada bulan Juli 2023 dan sekarang mengawasi GK Elite, bersama dengan Omni Cheer untuk pemandu sorak dan pakaian renang Dolphin. Elite Sportswear diakuisisi oleh Riverside Company yang merupakan perusahaan ekuitas swasta pada tahun 2015.

Selama 45 tahun menjalankan bisnisnya, GK Elite telah tertanam kuat dalam pelatihan di pusat kebugaran dan sirkuit tim sebagai saluran distribusi utamanya. Namun, perusahaan ini mulai melebarkan sayap ke ritel, melalui Amazon dan Target, karena para atlet yang bercita-cita tinggi menginginkan triko tingkat pemula untuk memulai usaha.

“Kami percaya semua orang harus menjual triko, tetapi itu jelas tidak terjadi,” sindir Cowan.

Terobosan besar terjadi pada tahun 2016, bertepatan dengan Olimpiade Musim Panas, ketika Dick’s Sporting Goods datang menghubungi. “Dick’s menerima lebih dari 30.000 pencarian dalam satu minggu untuk pakaian ketat dan tidak ada satu pun yang terjual.”

Seketika, GK Elite mulai memenuhi pesanan untuk situs web Dick dan hubungan tersebut terus berkembang selama bertahun-tahun sehingga kini perlengkapannya ditampilkan di sejumlah toko Dick tertentu.

Cowan memperkirakan Olimpiade tahun ini akan menjadi ledakan lain bagi bisnis GK Elite. “Partisipasi senam meningkat antara 15% hingga 20% setiap siklus Olimpiade,” katanya, seraya mencatat bahwa Olimpiade 2020 selama pandemi merupakan pengecualian.

Pada tahun 2016, jumlah peserta senam mencapai puncaknya pada angka 5,38 juta, naik dari 4,68 juta pada tahun sebelumnya. Namun, bahkan tanpa adanya lonjakan dari tahun 2020, partisipasi senam telah meningkat secara alami selama tiga tahun terakhir, tumbuh dari 4,27 juta pada tahun 2021 menjadi 4,76 juta pada tahun 2023, naik sebesar 11%, menurut Statista.

Kesempatan Mengetuk Pintu

Cowan dan tim GK Elite-nya mengandalkan ledakan serupa tahun ini untuk mencapai atau bahkan melampaui rekor tahun 2016. “Kami akan memiliki banyak sekali audiens baru yang akan memberi kami peluang pembelian baru,” katanya, seraya menambahkan:

“Olympics Gymnastics merupakan mesin pertumbuhan yang dapat ditingkatkan untuk bisnis ritel kami dan industri pemilik, pelatih, dan tim pusat kebugaran kami. Kami semua harus memastikan bahwa senam dapat diakses dan kami bekerja sama dengan USA Gymnastics untuk mencari tahu cara menciptakan lingkungan yang menyenangkan, kompetitif, dan aman bagi anak-anak untuk menumbuhkan antusiasme terhadap olahraga ini.”

Untuk memulai bisnis menjelang Olimpiade, untuk pertama kalinya, GK Elites akan memperkenalkan seragam Tim AS sebelum tim tersebut beraksi di lantai stadion. “Ini adalah momen karpet merah bagi kami untuk memperlihatkan kepada dunia pakaian ketat kami sebelum pertandingan,” katanya.

Dan tahun ini, GK Elite akan menawarkan kaus tim sehingga penggemar di rumah dapat mengenakan warna mereka sambil menonton pertandingan dan berlarian di kota.

“Dalam setiap cabang olahraga, penggemar di seluruh dunia mengenakan kaus tim mereka dan tahun ini, komunitas kami akan memiliki kesempatan musim panas ini untuk mengenakan pakaian penggemar mereka saat mereka menonton. Ini adalah peluang besar bagi kami, pengecer kami, dan komunitas senam kami yang hebat,” pungkasnya.

Lihat juga:

Majalah ForbesNike Berdoa Agar Menang di Olimpiade Paris, Setelah Kekalahan di Perempat Final dan Gugatan Class Action

Related articles

Recent articles

spot_img