31.2 C
Jakarta

Mars Rover Perseverance NASA Mengungkap Misteri Geologi Malaikat Cerah

Published:

Gambar ini diambil oleh Kamera Penghindar Bahaya Kanan Depan A pada 16 Juni 2024 (Sol 1181) pada waktu matahari rata-rata setempat 14:20:10. Gambar menunjukkan area di depan rover di Bright Angel dengan lengan terentang saat instrumen PIXL menyelidiki permukaan. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Penjelajah Perseverance baru-baru ini tiba di Bright Angel, sebuah situs terkenal di Mars dibedakan dari bebatuannya yang berwarna terang, terletak di tepi saluran sungai kuno Neretva Vallis.

Minggu lalu, NASAPenjelajah Mars Perseverance tiba di lokasi Bright Angel yang telah lama ditunggu-tunggu, dinamai berdasarkan nama batuan berwarna terang yang menonjol dalam data orbit. Keunikan warna di sini, serta karakteristik permukaan dan lokasinya yang berada di tepi alur sungai kuno Neretva Vallis, menjadikan Bright Angel sebagai lokasi yang diminati Tim Sains Mars 2020.

Observasi Awal dan Pengumpulan Data

Setelah mengambil beberapa gambar Bright Angel jarak jauh yang menakjubkan (lihat di bawah), Perseverance mendekati bebatuan. Gambar kamera jarak dekat, data Mastcam-Z, dan SuperCam menunjukkan tekstur permukaan yang menarik pada batuan berwarna terang ini yang secara aktif sedang dipahami oleh Tim Sains.

Penjelajah Perseverance milik NASA sedang melakukan perjalanan di saluran sungai kuno Neretva Vallis ketika menangkap pemandangan area yang memiliki kepentingan ilmiah bernama “Bright Angel” – area berwarna terang di kejauhan di sebelah kanan – dengan salah satu kamera navigasinya pada tanggal 6 Juni. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Abrasi dan Analisis Mendalam

Setelah beberapa hari memproses gambar-gambar indah dan lokasi yang menarik, Perseverance melaksanakan rencana abrasi pada bebatuan di depan rover, seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas jika Anda melihat lebih dekat di bawah lengan rover. Tambalan abrasi ini diberi nama “Walhalla Glades” yang diambil dari nama situs arkeologi kuno di Grand Canyon di sepanjang Sungai Colorado, sebuah penghormatan terhadap lokasi Bright Angel di tepi saluran sungai kuno Neretva Vallis.

Instrumen ilmu jarak dikerahkan untuk melihat patch abrasi secara detail dan menyediakan data geokimia resolusi tinggi dari batuan tersebut. Pada gambar Kamera Penghindaran Bahaya di atas, instrumen PIXL diarahkan ke bawah pada area abrasi di permukaan batu saat melakukan pemindaian.

Konteks Geologi dan Studi Masa Depan

Tim Sains akan meluangkan waktu untuk memahami semua data baru yang diperoleh di Bright Angel, membandingkannya dengan batuan masa lalu yang telah diselidiki oleh Perseverance dan menentukan apakah area tersebut harus dimasukkan dalam cache sampel di atas Perseverance. Mengkarakterisasi batuan Bright Angel, menghubungkannya dengan batuan di sekitarnya dan sedimen Neretva Vallis, dan menempatkannya dalam konteks dengan unit Pelek Kawah dan Margin akan menjadi babak yang menarik dalam sejarah kawah Jezero!

Ditulis oleh Eleanor Moreland, Ph.D. Kolaborator Mahasiswa di Rice University

Related articles

Recent articles

spot_img