27.8 C
Jakarta

Pertamina Beri Teguran Kepada 12 SPBE Nakal

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

PT Pertamina (Persero) melalui Sub Holding Commercial & Trading Pertamina, Pertamina Patra Niaga melakukan penerbitan operasional Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) karena d isinyalir terdapat tabung-tabung berisi gas di bawah ketentuan volume.

Hal ini d ilakukan Patra Niaga sebagai tindak lanjut dari hasil pemeriksaan Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Tertib Niaga (PKTN) terkait pengawasan terhadap Berat dalam Keadaan Terbungkus (BDKT).

D irektur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo mengatakan, SPBE yang d ilakukan penerbitan sebanyak 12 SPBE dan d iberikan surat teguran.

“Pemberian sanksi berupa surat teguran d imaksudkan agar para pengusaha SPBE segera menindaklanjuti temuan-temuan hasil pemeriksaan jika tidak d ilakukan perubahan, maka akan d iberikan sanksi yang lebih berat dan tidak menutup kemungkinan pencabutan izin usaha jika kesalahan terus d ilakukan,” kata Mars dalam keterangan tertulisnya, d ikutip Senin (27/5/2024).

Mars menambahkan, Pertamina Patra Niaga akan terus meningkatkan sinergi bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian ESDM tidak hanya dalam pengawasan, namun juga perbaikan sistem agar penyaluran LPG 3 kg berjalan dengan baik mulai pengisian di SPBE hingga ke masyarakat.

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memberikan tindakan tegas bagi seluruh lembaga penyalur dan Mitra Kerja yang menyalahi aturan,” tegas Mars Ega.

Direktur Jenderal PKTN Moga Simatupang mengatakan, sanksi yang d iberikan berupa teguran tertulis terlebih dahulu dan dapat berkembang hingga pencabutan izin usaha.

“Sanksinya berupa sanksi administratif. Kita berikan teguran tertulis terlebih dahulu. Nanti kalau tidak d itindaklanjuti, sanksinya dapat berkembang hingga mengakibatkan pencabutan perizinan berusaha,” kata Moga.

Sanksi terhadap pelanggaran tersebut d iatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perdagangan, Pasal 166 ayat (1) dan (2). Sanksi yang dapat d ikenakan kepada pelaku usaha yaitu sanksi administratif secara bertahap sampai dengan pencabutan perizinan berusaha.

12 SPBE yang d iberi surat teguran tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, Purwakarta, Padalarang, Ujung Berung dan Cimahi.**

Related articles

Recent articles

spot_img