27.2 C
Jakarta

PT Vale Kantongi IUPK Sampai 2035 Usai Tuntaskan Divestasi ke MIND ID

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

PT Vale Indonesia (INCO) secara resmi telah mengantongi perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sampai 28 Desember 2035 usai melakukan divestasi sahamnya kepada Holding BUMN Tambang (MIND ID) sebanyak 14 persen yang berasal dari PT Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd (SMM).

IUPK tersebut d iterima INCO pada 13 Mei 2024 sebagai kepastian hukum untuk beroperasi di wilayah konsesinya dan menjalankan pertumbuhan bisnisnya.

Presiden Direktur INCO Febriani Eddy mengatakan, berdasarkan IUPK, PT Vale wajib menyelesaikan pembangunan fasilitas pengolahan dan/atau pemurnian baru, termasuk fasilitas hilir lebih lanjut, dalam jangka waktu yang d itentukan.

“Pengembangan ini akan d ilakukan dengan mengacu pada peraturan perundang- undangan yang berlaku, studi kelayakan, serta kebijakan dan praktik Perseroan (termasuk praktik pertambangan yang baik serta lingkungan, sosial, dan tata kelola),” kata Febriani dalam keterangan tertulisnya, Rabu (15/5/2024).

Sebagai pemegang IUPK, PT Vale kini d iwajibkan untuk membayarkan bagi hasil IUPK sebesar 10% dari Laba Bersih kepada Pemerintah Republik Indonesia, sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini juga berarti meningkatkan kontribusi Perseroan kepada negara dan daerah.

“IUPK berlaku selama sisa jangka waktu Kontrak Karya (28 Desember 2025) serta perpanjangan pertama selama 10 tahun (sampai dengan 28 Desember 2035). IUPK dapat d iperpanjang lebih lanjut (setiap perpanjangan untuk jangka waktu 10 tahun) sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas Febriani.

Febriani juga menyampaikan terima kasih atas kepercayannya dan dukungan yang d iberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada perushaaan, serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi sebesar-besarnya atas kontribusi semua pihak.

“Perseroan tetap bertekad untuk maju bersama seluruh pemangku kepentingan guna memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi semua pihak,” ujarnya.**

Related articles

Recent articles

spot_img