25.2 C
Jakarta

Serangan Ransomware di Pusat Data Nasional Tuntut Tebusan $8 Juta

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Ketika serangan siber melanda Pusat Data Nasional (PDN), suasana mencekam terasa di berbagai instansi pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengungkapkan, pihak yang menyerang meminta tebusan sebesar 8 juta dolar Amerika Serikat.

“Iya, menurut tim, mereka meminta 8 juta dolar AS,” kata Budi Arie saat d itemui di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (24/06/2024).

Dilansir dari Antaranews.com, Budi Arie menjelaskan, serangan tersebut menggunakan virus ransomware jenis baru dari lockbit 3.0. Serangan ini tidak hanya mengganggu infrastruktur d igital, tetapi juga berdampak langsung pada layanan publik yang sangat penting.

Pagi itu, konferensi pers yang d igelar oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Kementerian Kominfo, menjadi sorotan utama. Serangan ini menunjukkan betapa rentannya sistem digital yang mengelola data nasional terhadap ancaman siber.

Pada Kamis, 20 Juni, PDN mengalami gangguan serius. Layanan publik vital, termasuk layanan keimigrasian, terdampak parah. Kegelisahan melanda para pegawai dan warga yang bergantung pada layanan tersebut. Ketidakpastian menguar, menunggu kapan sistem akan pulih.

Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim, menyatakan bahwa layanan keimigrasian mulai pulih sejak Sabtu, 22 April.

“Kami memutuskan untuk memindahkan pusat data (data center) 12 jam sejak gangguan teknis di PDN teridentifikasi,” ujar Silmy Karim, menggambarkan ketegangan dan upaya cepat untuk mengembalikan layanan.

Situasi ini mengingatkan kita akan pentingnya keamanan siber dan kesiapsiagaan menghadapi ancaman yang semakin canggih. Di balik layar, tim teknis bekerja tanpa henti, berusaha mengatasi dampak dari serangan yang mengguncang stabilitas digital negara. Tantangan besar ini, meskipun berat, menegaskan tekad untuk terus memperkuat sistem pertahanan siber demi melindungi data dan layanan publik dari ancaman di masa depan.**

Related articles

Recent articles

spot_img