33.2 C
Jakarta
Rabu, September 27, 2023
spot_img

Afghanistan Terima Sumbangan Vaksin Covid-19 dari Tiongkok

Jakarta, BN Nasional — Upacara serah terima diadakan di bandara internasional Kabul, dihadiri oleh Duta Besar Tiongkok untuk Afghanistan Wang Yu dan wakil menteri Kementerian Kesehatan Masyarakat Afghanistan Abdul Bari Omar.

“Sejak situasi politik Afghanistan telah berubah, Tiongkok telah mengumumkan untuk menyumbangkan 3 juta dosis vaksin dan pasokan medis lainnya ke Afghanistan,” kata Wang saat berpidato pada upacara tersebut.

Untuk membantu Afghanistan mengatasi kesulitan saat ini, Tiongkok sekarang mempercepat pekerjaan bantuan darurat senilai 200 juta yuan (US$ 31 juta atau Rp 445 miliar) ke Afghanistan, termasuk makanan, persediaan musim dingin, vaksin dan obat-obatan.

Wang mencatat bahwa Tiongkok mengimpor kacang pinus dalam jumlah besar yang akan membuat petani kacang pinus Afghanistan berpendapatan mencapai ratusan juta dolar Amerika Serikat (AS).

Selain itu, Tiongkok akan membantu Afghanistan dalam memperluas ekspornya dan proyek-proyek yang dapat membantu meningkatkan mata pencaharian masyarakat.

Sementara itu, Omar menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Tiongkok atas sumbangan dan dukungan yang diberikan kepada Afghanistan. Ia mengatakan, sumbangan tersebut sangat penting bagi rakyat Afghanistan dalam situasi kritis ini.

Pengiriman vaksin Sinopharm ini merupakan donasi kedua vaksin Covid-19 Tiongkok ke Afghanistan. Pada Juni, sejumlah vaksin Covid-19 yang disumbangkan Tiongkok diserahkan ke Afghanistan.

Sumber.

Latest articles

spot_img

Related articles