25.4 C
Jakarta

BP dan ExxonMobil Akan Lakukan Survei Seismik untuk Cari Potensi Migas

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) ExxonMobil dan BP akan melakukan survei seismik secara mandiri untuk mencari potensi minyak dan gas (migas).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, survei seismik migas pada dasarnya dilakukan oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

“Sudah dilakukan di tahun 2020 untuk daerah 32 ribu Kilometer, dan ini sudah disajikan dalam bentuk data dan memudahkan investor untuk masuk,” kata Arifin dalam Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi VII DPR RI, Selasa (5/6/2024).

Dalam data survei seismik yang ada saat ini, Arifin menjelaskan untuk temuan yang banyak masih di sektor gas. Namun, pihaknya akan terus mengupayakan untuk temuan minyak untuk mendukung program 1 Juta Barel per hari di Tahun 2030.

“Ada penemuan baru, ya memang masih gas. Minyak ini masih kita upayakan,” ujar Arifin.

Untuk mendukung pencarian potensi migas yang baru, Kementerian ESDM dan SKK Migas melakukan program baru untuk K3S dapat melakukan survei mandiri.

“Ada program lagi seismik yang sekarang akan dilakukan oleh K3S, antara lain ExxonMobil, BP, dan juga beberapa dari Cina,” katanya.

Melalui teknologi Seismik 2D maupun 3D yang digunakan oleh ahli-ahli geologi Indonesia bertujuan untuk mengeksplorasi ada atau tidaknya cadangan minyak di bawah tanah.**

Related articles

Recent articles

spot_img