25.4 C
Jakarta

Listrik Sumatera Blackout, Kementerian ESDM Beri Teguran Keras ke PLN

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Adaya gangguan transmisi SUTT 275kV Linggau-Lahat di Sumatera Selatan mengakibatkan padamnya listrik secara total (blackout) di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, hingga Sumatera Utara.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan (Dirjen Gatrik) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu mengatakan, pihaknya sedang melakukan investigasi untuk mencari masalah yang mengakibatkan gangguan listrik tersebut.

“Relay yang bekerja untuk memadamkan itu intinya yang saling berkesinambungan sehingga relay ini padam yang mengakibatkan ada gangguan. Tapi saya dapatin sekarang sudah hampir pulih, mudah-mudahan,” kata Jisman saat ditemui di Gedung DPR RI, Selasa (5/6/2024).

Jisman menyebut, saat ini PLN juga sedang melakukan perbaikan secara bertahap agar tidak membebani Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang baru di Sumatera Selatan.

“Sekarang ini PLTU itu dimasukan di bebani. Maksudnya, begitu singkron dibebaninya pelan-pelan, sehingga butuh waktu. Jadi, tidak boleh cepat-cepat juga,” ujar Jisman.

Proses pemulihan yang dilakukan oleh PLN saat ini Jisman menyebut sudah mencapai 85 persen dari keseluruhan gangguan yang terjadi di transmisi SUTT 275 kV Linggau-Lahat.

“Di atas 85 persen sekarang, kurang kita gitu. (yang terdampak) Sumatera Selatan agak banyak, Lampung sedikit, Sumatera Utara sedikit, karena itu kan tersambung ya,” jelas Jisman.

Menindaklanjuti hal tersebut agar kedepannya tidak lagi terulang dan membuat sebagian Pulau Sumatera gelap, Kementerian ESDM memberikan teguran keras kepada PT PLN (Persero).

“Menurut saya harus diinvestigasi. Nanti saya akan berikan, harus diaudit itu agar tidak terulang lagi. Itu juga perintah dari Pak Menteri ESDM untuk mitigasi ke depan tidak terulang lagi,” katanya.**

Related articles

Recent articles

spot_img