25.2 C
Jakarta

Fisika Kegagalan: Menganalisis Kerusakan Giroskop Hubble

Published:

Ilustrasi Teleskop Luar Angkasa Hubble di atas Bumi. Kredit: ESA/Hubble (M. Kornmesser & LL Christensen)

Itu Teleskop Luar Angkasa Hubble saat ini dalam mode aman karena masalah giroskop, sehingga menghentikan aktivitas sainsnya. Namun, NASA tetap optimis mengenai kontribusinya di masa depan terhadap eksplorasi ruang angkasa, bekerja sama dengan teleskop lain.

Pada tanggal 24 Mei, Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA memasuki mode aman karena masalah giroskop (gyro) yang sedang berlangsung, sehingga menghentikan operasi sains. Instrumen Hubble stabil dan teleskop dalam keadaan sehat.

Teleskop secara otomatis memasuki mode aman ketika salah satu dari tiga giroskopnya memberikan pembacaan telemetri yang salah. Gyro Hubble mengukur laju perubahan tegangan teleskop dan merupakan bagian dari sistem yang menentukan dan mengontrol secara tepat arah pengarahan teleskop.

NASA mengantisipasi Hubble akan terus membuat penemuan sepanjang dekade ini dan mungkin di dekade berikutnya, bekerja sama dengan observatorium lain, seperti Teleskop Luar Angkasa James Webb milik badan tersebut untuk kepentingan umat manusia.

Seorang awak STS-125 yang menaiki Pesawat Ulang-alik Atlantis menangkap gambar diam dari Teleskop Luar Angkasa Hubble saat kedua pesawat ruang angkasa tersebut melanjutkan pemisahan relatifnya pada tanggal 19 Mei 2009, setelah dihubungkan bersama selama lebih dari seminggu. Selama seminggu, lima perjalanan ruang angkasa dilakukan untuk menyelesaikan misi pelayanan terakhir observatorium orbital. Kredit: NASA

Teleskop Luar Angkasa Hubble (HST) adalah observatorium besar berbasis ruang angkasa yang diluncurkan pada tahun 1990 oleh NASA dan Badan Antariksa Eropa yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke-34. Mengorbit di luar distorsi atmosfer bumi, ia menghasilkan gambar benda langit beresolusi tinggi. Hal ini telah menghasilkan banyak terobosan ilmiah, seperti menentukan secara akurat laju perluasan alam semesta, mengamati galaksi terjauh, dan mempelajari atmosfer planet ekstrasurya. Kemampuan unik Hubble menjadikannya salah satu instrumen terpenting dalam sejarah astronomi.

Related articles

Recent articles

spot_img