27.8 C
Jakarta

Jokowi Setujui Bentuk Aturan Pemanfaatan Gas Bumi Dalam Negeri

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL – Presiden RI Joko Widodo menyetujui pembentukan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Gas Bumi untuk Kebutuhan Dalam Negeri yang diperuntukan untuk industri manufaktur dan kelistrikan.

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Persetujuan itu dikemukakan Jokowi saat melakukan Rapat Terbatas (Ratas) pada Senin (8/7/2024).

“Bapak Presiden kemarin dalam Ratas menyetujui pembentukan RPP Gas Bumi Untuk Kebutuhan Domestik, Untuk Kebutuhan Dalam Negeri,” kata Agus dalam sambutannya saat peluncuran Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2024 tentang Perwilayahan Industri, Selasa (9/7/2024).

Agus menyebut, Kementerian Perindustrian saat ini sudah menyiapkan dan mengusulkan draf aturan tersebut kepada Jokowi dan Kabinet untuk pembentukan aturan tersebut.

“RPP Gas Bumi Untuk Kebutuhan Dalam Negeri, itu pada dasarnya akan mengatur pengelolaan gas untuk kepentingan industri dan untuk kepentingan sumber energi. Jadi, bukan hanya untuk kepentingan industri, tapi juga untuk kepentingan kelistrikan yang ada di Indonesia,” jelas Agus.

Selain itu, Jokowi juga menyetujui perpanjangan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk industri pupuk, petrokimia, baja, oleokimia, keramik, kaca, dan sarung tangan karet yang sudah dijalankan sejak tahun 2020.

Related articles

Recent articles

spot_img