26.8 C
Jakarta

Julian Assange Dibebaskan dari Penjara dalam Kesepakatan Permohonan dengan AS

Published:

Salah satu pendiri WikiLeaks Julian Assange telah dibebaskan dari penjara di Inggris dan akan diizinkan kembali ke negara asalnya Australia setelah ia mengaku bersalah menyebarkan materi keamanan nasional secara ilegal di AS, menurut laporan baru yang mengejutkan dari Berita NBC.

Dokumen pengadilan diajukan hari Senin oleh pemerintah federal AS di Kepulauan Mariana Utara menunjukkan bahwa kesepakatan pembelaan akan segera terjadi, meskipun demikian Waktu New York mencatat semuanya masih perlu persetujuan hakim. Assange sebelumnya menghadapi hukuman 170 tahun penjara.

Mengapa dokumen pengadilan diajukan di Kepulauan Mariana Utara, negara persemakmuran AS di Pasifik? Menurut Pers hal ini disebabkan oleh “penolakan Assange untuk melakukan perjalanan ke benua AS dan kedekatan pengadilan dengan Australia.”

Pria berusia 52 tahun itu telah ditahan di Penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi di London selama lima tahun terakhir, sebuah periode yang mengikuti kisah selama bertahun-tahun di mana Assange bersembunyi di kedutaan Ekuador saat pertama kali meminta suaka pada tahun 2012. Assange secara fisik ditahan di Penjara Belmarsh dengan keamanan tinggi di London selama lima tahun terakhir. diseret keluar dari kedutaan oleh otoritas Inggris April 2019.

“Julian Assange bebas,” cuit akun WikiLeaks X pada hari Senin sekitar pukul 10 pagi waktu setempat. 20:00 WIB. “Dia meninggalkan penjara dengan keamanan maksimum Belmarsh pada pagi hari tanggal 24 Juni, setelah menghabiskan 1901 hari di sana. Dia diberikan jaminan oleh Pengadilan Tinggi di London dan dibebaskan di bandara Stansted pada sore hari, di mana dia naik pesawat dan berangkat dari Inggris.”

WikiLeaks juga menerbitkan video Assange, yang disematkan di bawah, menunjukkan dia membaca dokumen dan tampak naik pesawat, mungkin menuju Kepulauan Mariana Utara untuk secara resmi mengajukan permohonannya.

The Times menjelaskan bahwa kesepakatan pembelaan dianggap dapat diterima oleh pejabat tinggi di Departemen Kehakiman karena Assange telah menjalani hukuman lima tahun di Inggris sambil menunggu ekstradisi ke AS.

Tuduhan awal terhadap Assange diajukan oleh Departemen Kehakiman AS di bawah Presiden Donald Trump pada tahun 2019, meskipun Trump sering berbicara tentang betapa dia mencintai WikiLeaks. Trump gagal memaafkan Assange sebelum meninggalkan jabatannya, sesuatu yang menurut banyak pendukung Assange akan dilakukan oleh mantan presiden tersebut.

Assange menghadapi 18 dakwaan melanggar Undang-Undang Spionase dan dakwaan terkait peretasan kriminal, namun Times melaporkan dia hanya akan mengaku bersalah atas satu dakwaan. Assange diduga memberikan instruksi kepada pelapor Chelsea Manning tentang cara mengakses komputer rahasia, yang menurut para ahli merupakan faktor pembeda yang membuat tindakannya lebih serius dibandingkan jurnalis pada umumnya yang hanya menyebarkan informasi sensitif.

Beberapa dokumen diterbitkan oleh WikiLeaks pada tahun 2011 dengan nama “Collateral Murder,” termasuk a video dari tahun 2007 yang menunjukkan pasukan AS di Irak membunuh beberapa warga sipil, termasuk dua jurnalis dari Reuters.

Kesepakatan pembelaan ini akan mengakhiri kisah panjang yang telah melanda Assange selama lebih dari satu dekade, meskipun tidak jelas apakah pendiri WikiLeaks akan segera kembali bekerja. Assange dimulai sebagai selebriti di kalangan sayap kiri dan libertarian pada awal tahun 2010-an sebelum menjadi lebih terkenal di kalangan politik sayap kanan setelah mengembangkan teori konspirasi yang mendukung Donald Trump pada tahun 2016.

Stella Assange, istri Julian, merilis pernyataan video bersama pemimpin redaksi WikiLeaks Kristinn Hrafnsson yang tampaknya diambil sesaat sebelum Julian benar-benar dibebaskan.

“Saya baru saja keluar dari penjara Belmarsh dan saya berharap ini adalah kunjungan terakhir saya untuk melihat Julian di penjara ini tempat dia menghabiskan lima tahun, dua bulan dan dua minggu. Dan jika Anda melihat ini, itu berarti dia tersingkir,” Hrafnsson katanya dalam video.

Stella Assange mengatakan bahwa kampanye crowdfunding akan diluncurkan untuk mendukung “pemulihan” dan biaya perawatan kesehatan Julian.

Keterangan IN KH 260624

Pemerintah Australia dan Perdana Menteri Anthony Albanese berulang kali mengajukan permohonan ke Gedung Putih agar Assange dibebaskan, meskipun tidak pernah jelas apakah Presiden Joe Biden akan melakukan intervensi dalam kasus tersebut. Assange dilaporkan menderita berbagai masalah kesehatan di penjara, meskipun klip video pendek yang dirilis oleh WikiLeaks tampaknya menunjukkan Assange tampak sehat.

Related articles

Recent articles

spot_img