26.8 C
Jakarta

Komisi VII Minta Kementerian ESDM Kembali Buka Ekspor Bijih Bauksit

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Maman Abdurahman meminta kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali membuka ekspor biijih bauksit untuk menggerakan perekonomian di daerah penghasil bauksit.

Maman mengatakan, Kalimantan barat terdapat bauksit yang menjadi sumber daya alam terbesar. Bijih bauksit sendiri memiliki nilai keekonomian 50 sampai 60 persen.

“Maka dari itu dulu saya menganggap bahwa menjadi visible sekali kalau kebijakan pembangunan smelter itu wajib didorong di bauksit,” kata Maman saat Rapat Kerja dengan Menteri ESDM, Senin (8/7/2024).

Seperti diketahui, Pemerintah secara resmi telah melarang ekspor bijih bauksit sejak Juni 2023 untuk mendorong hilirisasi melalui pembangunan smelter.

Namun, lanjut Maman, dengan tingginya nilai investasi pembangunan smelter bauksit di Indonesia mengakibatkan pemilik IUP tidak dapat membangun smelter bauksit.

“Akhirnya sekarang realitas yang terjadi hari ini bahwa smelter-smelter bauksit yang ada di Indonesia yang sudah existing baru ada tiga, PT BAI Bintan Alumina yang ada di Kepri, lalu yang kedua adalah WHW Well Harvest yang ada di Kalimantan Barat, lalu yang ketiga yang sekarang sedang mau proses komisioning yaitu PT BAI di mana di situ adalah BUMN kita,” jelas Maman.

Ia menambahkan, dengan adanya penutupan ekspor bijih bauksit ini, mengakibatkan perekonomian di Kalimantan Barat terganggu. Oleh sebab itu, langkah pembukaan kembali ekspor bijih bauksit menjadi salah satu jalan keluar yang tepat.

“Maka dari itu kenapa yang dulunya dibuka ruang oleh kita pemerintah agar bisa ekspor, namun banyak yang main. Saya setuju, jadi maksud saya saya juga harus moderasi, semangat saya juga tidak sepenuhnya ingin mendukung pembukaan kembali ekspor, tetapi yang saya ingin sampaikan kepada pemerintah agar ruang relaksasi itu juga dibuka secara proporsional,” jelasnya.

Maman juga meminta Kementerian ESDm untuk melakukan kajian kembali terkait dengan masalah larangan ekspor bijih bauksit yang diberlakukan saat ini.

“Karena saya rasa itu juga perlu dikaji kembali oleh Kementerian ESDM, namun saya berharap melalui forum ini bisa menjadi sebuah forum untuk menyampaikan aspirasi teman-teman masyarakat yang ada di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Related articles

Recent articles

spot_img