31.1 C
Jakarta

Menerangi AS Timur Laut – Pemandangan Malam Hari yang Menakjubkan Dari Luar Angkasa

Published:

Foto Amerika Serikat bagian timur laut yang diambil pada 17 Januari 2024, oleh seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Saat sinar matahari memudar, pancaran cahaya buatan menunjukkan pola urbanisasi di sepanjang koridor padat penduduk.

Foto ini, yang diambil oleh seorang astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) saat mengorbit di Newfoundland, Kanada, menawarkan perspektif menawan dari wilayah timur laut Amerika Serikat. Foto tersebut menyoroti kontras antara lampu kota yang luas dan kegelapan lanskap pedesaan serta perairan, seperti hutan negara bagian Nipmuck dan Natchaug serta Long Island Sound.

Beberapa kota terbesar di AS terlihat, termasuk New York, Washington, dan Philadelphia. Kota-kota yang terang benderang, bersama dengan Boston, Long Island, dan jalan-jalan terang yang menghubungkan kota-kota tersebut, mencerminkan pola urbanisasi yang meluas hingga ke garis pantai. Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa kepadatan penduduk berkorelasi dengan kecerahan lanskap perkotaan dalam citra malam hari.

Beri anotasi pada versi foto.

Saat Matahari terbenam di bawah lengkungan Bumi, berbagai lapisan atmosfer tampak berbeda warna dalam foto miring bagian Bumi ini. Troposfer, lapisan atmosfer paling bawah, tampak berwarna merah dan kuning. Stratosfer, lapisan di atasnya, menampilkan rona biru muda yang berangsur-angsur memudar hingga mencapai atmosfer bagian atas. Planet Saturnus bersinar sebagai bintik putih kecil yang terlihat di sepanjang tepi kanan atas foto.

Foto astronot ISS070-E-76065 diperoleh pada 17 Januari 2024 dengan kamera digital Nikon D5 menggunakan panjang fokus 200 milimeter. Ini disediakan oleh Fasilitas Pengamatan Bumi Kru ISS dan Unit Ilmu Pengetahuan Bumi dan Penginderaan Jauh, Johnson Space Center. Gambar tersebut diambil oleh salah satu kru Ekspedisi 70. Gambar telah dipotong dan ditingkatkan untuk meningkatkan kontras, dan artefak lensa telah dihapus. Itu Stasiun ruang angkasa Internasional Program mendukung laboratorium sebagai bagian dari Lab Nasional ISS untuk membantu para astronot mengambil gambar Bumi yang akan memberikan nilai terbesar bagi para ilmuwan dan masyarakat, dan membuat gambar-gambar tersebut tersedia secara gratis di Internet. Gambar tambahan yang diambil oleh astronot dan kosmonot dapat dilihat di NASA/JSC Gerbang Fotografi Astronot Bumi.

Related articles

Recent articles

spot_img