Menguraikan Kebenaran di Balik Klaim Karbon Tungku

by admin
7 minutes read
SciTechDaily

Para peneliti menemukan bahwa kredit karbon untuk tungku yang efisien ditaksir terlalu tinggi dengan faktor 10, sehingga menantang efektivitas upaya penyeimbangan ini dalam memerangi perubahan iklim dan menyerukan peralihan ke solusi memasak yang lebih bersih dan memenuhi standar kesehatan. Kredit: SciTechDaily.com

Studi baru menemukan bahwa pasar karbon global terlalu memuji pengurangan gas rumah kaca dari kompor sebesar 10 kali lipat.

Jenis offset yang tumbuh paling cepat di pasar karbon global adalah mensubsidi distribusi tungku yang efisien di negara-negara berkembang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, namun sebuah studi baru menemukan bahwa kredit tersebut melebih-lebihkan penghematan karbon dari tungku sebesar 10 kali lipat.

Perkiraan yang berlebihan ini melemahkan upaya untuk menangkal emisi karbon untuk memperlambat perubahan iklim, karena perusahaan menggunakan upaya ini untuk memenuhi target iklim dan menjual produk yang diberi label “netral karbon” alih-alih melakukan pengurangan emisi gas rumah kaca secara nyata. Hal ini juga melemahkan kepercayaan terhadap pasar karbon, dan juga melemahkan kemampuan pasar untuk mendukung pembiayaan jangka panjang untuk tungku yang efisien.

Di banyak negara, makanan disiapkan di atas api kayu atau arang, sering kali di dalam ruangan. Asapnya menyebabkan penyakit pernafasan yang serius dan berkontribusi terhadap emisi karbon global. Meskipun tungku yang lebih efisien dapat meningkatkan kesehatan dan lingkungan, sebagian besar kredit karbon tungku yang dijual di pasar global terlalu melebih-lebihkan pengurangan emisinya. Kredit: Annelise Gill-Wiehl, UC Berkeley

Studi Komprehensif Mengungkapkan Penilaian Berlebihan

Kesimpulan ini berasal dari penilaian kualitas kuantitatif pertama yang komprehensif terhadap semua jenis proyek penggantian kerugian, yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas California, Berkeleymembandingkan lima metodologi untuk mengevaluasi pengurangan emisi tungku dengan penelitian yang dipublikasikan dan analisis independen mereka sendiri. Studi tersebut akan dipublikasikan hari ini (23 Januari) di jurnal Keberlanjutan Alam.

“Memasak ramah lingkungan kini menjadi hal yang sangat penting dalam strategi dekarbonisasi nasional dan tujuan pembangunan berkelanjutan, siklus pendanaan global, dan agenda politik para pemimpin nasional,” kata Daniel Kammen, Profesor Keberlanjutan James dan Katherine Lau di UC Berkeley. “Mengintegrasikan ilmu pengetahuan, hak asasi manusia, dan ekonomi dari memasak bersih kini sangat terkait dengan keadilan sosial dan strategi iklim di seluruh dunia.”

Wanita Mengumpulkan Kayu Bakar

Wanita Afrika mengumpulkan kayu bakar untuk memasak. Kompor yang lebih efisien mengurangi kebutuhan mengumpulkan kayu bakar serta mengurangi emisi karbon dan meningkatkan kesehatan. Kredit: Annelise Gill-Wiehl, UC Berkeley

Dampak dan Rekomendasi

Studi ini, yang dibagikan dalam bentuk pracetak tahun lalu, telah mendapat perhatian besar dari komunitas kesehatan memasak, pasar karbon, pembangunan berkelanjutan, dan aksi iklim nasional, katanya.

“Metodologi penggantian kerugian tungku masak saat ini sedang direvisi dan jika rekomendasi kami diadopsi, ini bisa menjadi jenis proyek langka yang dapat dipercaya oleh pembeli penggantian kerugian,” kata Barbara Haya, pakar kualitas penggantian kerugian dan direktur Proyek Perdagangan Karbon Berkeley di Goldman School of UC Berkeley. Kebijakan publik.

Penyeimbangan kompor menjadi populer karena sekitar 2,4 miliar orang di seluruh dunia memasak dengan bahan bakar padat berasap atau minyak tanah, yang berkontribusi terhadap 2 hingga 3 juta kematian dini setiap tahunnya dan sekitar 2% emisi gas rumah kaca (GRK) global. Penyediaan tungku masak yang efisien kini merupakan jenis proyek dengan pertumbuhan tercepat di pasar karbon sukarela, dengan pangsa kredit terbesar kedua yang diterbitkan dalam sepuluh bulan pertama tahun 2023.

Diperkirakan dengan benar, penyeimbangan karbon mempunyai potensi untuk mendukung distribusi tungku efisien secara gratis atau bersubsidi sehingga mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mengumpulkan kayu bakar atau biaya pembelian bahan bakar, kata penulis pertama Annelise Gill-Wiehl, seorang Ph.D. kandidat di Grup Energi dan Sumber Daya yang telah melakukan penelitian lapangan energi rumah tangga secara ekstensif di Afrika Timur. Selain itu, kompor tertentu dapat mengurangi asap hingga dapat menyelamatkan nyawa.

Studi UC Berkeley tidak hanya mendokumentasikan sejauh mana permasalahan kualitas di pasar penggantian kerugian, namun juga menawarkan rekomendasi khusus untuk menyelaraskan metodologi tungku dengan ilmu pengetahuan terkini dan kemajuan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Situs web pendamping memberikan panduan bagi pembeli dan pengembang tentang cara memperdagangkan kredit berkualitas yang dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan.

Para peneliti secara khusus menyarankan pembeli untuk memprioritaskan proyek-proyek yang mendistribusikan kompor yang memenuhi standar kesehatan Organisasi Kesehatan Dunia. Mereka menemukan bahwa mayoritas kompor yang ada di pasaran tidak memilikinya. Metode ketat yang dikembangkan tim untuk menilai kualitas penggantian kerugian dapat digunakan oleh pengembang program penggantian kerugian, regulator program dan penilai kredit untuk menilai kualitas penggantian kerugian secara komprehensif dan mencegah pemberian kredit yang berlebihan pada semua jenis proyek.

“Hasil penelitian kami mendukung perubahan paradigma dari sebagian besar tungku yang lebih baik saat ini, yang tidak cukup mengurangi asap sehingga memberikan manfaat kesehatan, menuju bahan bakar ramah lingkungan dan tungku yang secara substansial dapat mendukung manfaat kesehatan dan iklim dengan pemantauan transparan dan profil rendah emisi,” kata Gill-Wiehl. “Kami menemukan bahwa karbon berkualitas rendah menghasilkan solusi berkualitas rendah.”

Temuan Utama

Temuan utama studi ini meliputi:

  • Berdasarkan sampel proyek, yang mencakup 40% kredit tungku, tungku mengalami kelebihan kredit sebesar 9,2 kali. Dengan mengekstrapolasi seluruh kredit penggantian kerugian tungku dari lima metodologi yang diteliti, kelompok ini menemukan adanya kelebihan kredit sekitar 10,6 kali.
  • Pemberian kredit yang berlebihan sebagian besar disebabkan oleh perkiraan penggunaan dan penggunaan tungku yang berlebihan, perkiraan yang terlalu rendah mengenai kelanjutan penggunaan tungku asli, dan perkiraan yang tinggi mengenai dampak pengumpulan bahan bakar terhadap biomassa hutan.
  • Metodologi Metered dari Gold Standard, yang secara langsung memantau penggunaan bahan bakar dan memberi penghargaan pada tungku yang paling bersih, paling sesuai dengan perkiraan penelitian – hanya dinilai terlalu tinggi dengan faktor 1,5 – dan memiliki potensi terbesar dalam pengurangan emisi dan manfaat kesehatan.
  • Metode penilaian yang kami kembangkan dan tunjukkan dalam penelitian ini dapat digunakan untuk menilai kualitas penggantian kerugian secara komprehensif di semua jenis proyek di pasar penggantian kerugian.

Referensi: “Kredit berlebihan yang meluas dari metodologi penggantian kerugian tungku” 23 Januari 2023, Keberlanjutan Alam.
DOI: 10.1038/s41893-023-01259-6

Kammen memegang jabatan paralel di Grup Energi dan Sumber Daya, Sekolah Kebijakan Publik Goldman, dan Departemen Teknik Nuklir. Proyek ini didanai oleh Pusat Studi Afrika UC Berkeley, Carbon Direct, Google.org, Katherine Lau Family Foundation, National Science Foundation, Mulago Foundation/Better Cooking Company, dan Zaffaroni Family Foundation.



related posts

Leave a Comment