Menteri Energi se-ASEAN akan Lakukan Pertemuan di Bali

by admin
3 minutes read
Menteri Energi se-ASEAN akan Lakukan Pertemuan di Bali

Jakarta, BN Nasional – Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi Menteri Energi dari seluruh anggota ASEAN yang melakukan pertemuan dalam acara ASEAN Energy Business Forum 2023 (AEBF) yang digelar oleh ASEAN Centre for Energy (ACE) bersama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada tanggal 24 sampai 26 Agustus 2023 di Bali dengan tema “Accelerating Energy Connectivity to Achieve ASEAN’s Sustainable Growth”.

AEBF bertujuan untuk mengumpulkan para pemangku kepentingan dari seluruh wilayah ASEAN untuk membahas dan bekerja sama dalam mempercepat konektivitas energi untuk pertumbuhan sektor energi di ASEAN.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P. Hutajulu mengatakan, Indonesia menyadari pentingnya kerja sama regional dalam mencapai masa depan energi yang berkelanjutan. AEBF 2023 memberikan platform berharga bagi para pemangku kepentingan untuk berkumpul dan mendiskusikan topik utama seperti kendaraan listrik, bahan bakar berkelanjutan, dan ketahanan energi.

“Saat kita menghadapi transisi energi, kita berharap dapat bertukar ide dan praktik terbaik dengan negara-negara ASEAN dan sekitarnya, sambil memamerkan upaya dan potensi Indonesia di sektor energi. Seiring dengan diselenggarakannya ASEAN Energy Business Forum, Reli Transportasi Hijau juga akan memperlihatkan kendaraan listrik yang tersedia di Indonesia, yang menyoroti inisiatif Indonesia dalam mengadopsi opsi transportasi hijau,” kata Jisman, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Direktur Eksekutif ACE Nuki Agya Utama mengatakan, ACE sepenuhnya mendukung keketuaan Indonesia, khususnya dalam bidang energi. ACE berkomitmen sepenuhnya untuk mendukung kepemimpinan Indonesia di ASEAN, dan ASEAN Energy Business Forum 2023 sejalan dengan tema tersebut.

“Forum ini menyediakan platform penting untuk mengatasi masalah energi yang kritis dan mendorong kolaborasi antara para pemangku kepentingan, yang secara signifikan berkontribusi terhadap pertumbuhan dan pembangunan ASEAN. Dengan memfasilitasi dialog yang produktif, pertukaran pengetahuan, dan pengembangan kemitraan, AEBF secara aktif mendukung upaya Indonesia untuk memamerkan potensi energi ASEAN dan mendorong kerja sama energi di tingkat regional,” kata Nuki.

Selain AEBF, akan diselenggarakan juga acara Green Transport Rally (GTR) yang secara langsung mendukung tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.” Nuki menjelaskan bahwa GTR mendorong kesadaran akan pilihan mobilitas berkelanjutan, yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pembangunan ASEAN.

“Dengan mengintegrasikan GTR dalam AEBF, ACE secara aktif berkontribusi pada fokus wilayah ini terhadap transportasi berkelanjutan dan menghighlight solusi inovatif yang dapat mendukung pertumbuhan ambisius ASEAN,” tambahnya.

Selain itu, AEBF akan diselenggarakan bersamaan dengan pertemuan Menteri Energi ASEAN ke-41 (AMEM) dan Konferensi Internasional ASEAN tentang Energi dan Lingkungan ke-3 (AICEE), yang akan memperkuat dampak dan signifikansi acara tersebut.

Konvergensi konferensi ini memberikan platform komprehensif untuk dialog yang bermakna, pengembangan hubungan, dan upaya kerja sama, yang akan memperkuat posisi ASEAN sebagai wilayah yang dinamis dan berpengaruh dalam konteks energi global.

Melalui AEBF dan GTR, ACE dengan aktif mendukung kepengurusan Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan agenda pertumbuhan ASEAN. Dengan mendorong kolaborasi, mempromosikan praktik berkelanjutan, dan menampilkan solusi inovatif, ACE bertujuan untuk membuka potensi energi ASEAN yang luar biasa besar, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, dan memastikan masa depan yang berkelanjutan dan sejahtera bagi wilayah ini sebagai pusat pertumbuhan yang tak terbantahkan.

AEBF juga menjadi tuan rumah acara penghargaan bergengsi ASEAN Energy Awards dan Gala Dinner, yang mengakui dan menghargai kontribusi para pelaku industri dalam pengembangan sektor energi. Upacara penghargaan ini akan dihadiri oleh 10 Menteri Energi ASEAN dan akan dimeriahkan dengan tarian tradisional Bali dan penampilan entertainer ternama di Indonesia.

Salah satu acara menarik lainnya adalah ASEAN Green Transport Rally (ASEAN GTR) 2023, yang akan meningkatkan kesadaran akan dampak positif lingkungan dan efisiensi energi dari kendaraan listrik, termasuk EV plug-in hybrid (PHEV), EV hybrid (HEV), EV bertenaga baterai penuh, penggunaan biofuel pada kendaraan dengan mesin pembakaran internal (ICE), dan kendaraan sel bahan bakar. (Louis/Rd)

related posts

Leave a Comment