27.8 C
Jakarta

Pilkada Sumut 2024, Ahok Tunggu Arahan dari Rakernas V PDIP

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Politisi PDI Perjuangan (PDIP), Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menyatakan bahwa ia menunggu hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDIP terkait kemungkinan d irinya maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumatra Utara 2024.

Saat d itemui di lokasi Rakernas V PDIP di kawasan Ancol, Jakarta, pada Sabtu (25/5/24), Ahok mengaku sudah berdiskusi mengenai hal ini dengan politisi PDIP Landen Marbun dan Ketua DPD PDIP Sumatra Utara, Rapidin Simbolon. “Pak Landen Marbun yang telepon, ada Pak Rapidin waktu itu. Ngobrol gitu. Saya sih bilang, ya, kita tunggu Rakernas, ya,” ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ahok mengucapkan terima kasih karena telah d ipertimbangkan oleh DPP PDIP Sumatra Utara untuk maju dalam kontestasi pilkada setempat. Dia juga menegaskan bahwa d irinya akan menunggu tugas yang d iberikan oleh partai. “Ya kita terima kasih lah, ya, teman-teman dari DPD Sumut minta ke sana. Tapi ‘kan kita ‘kan keputusan semua ‘kan bukan di kita, ya. Tunggu tugas saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Rapidin menyebutkan bahwa berbagai nama, termasuk Ahok, sedang d ipertimbangkan untuk maju dalam Pilkada Sumut. Namun, nama-nama tersebut akan d ikerucutkan seiring dengan d inamika politik yang ada. “Sekarang bisa semua kita pertimbangkan. Tetapi dari hari ke hari, akan kita kerucutkan sesuai dengan dinamika politik yang ada,” ucap Rapidin di lokasi yang sama.

Rapidin juga mengungkapkan bahwa DPP PDIP sudah berkomunikasi dengan Ahok. Menurutnya, Ahok siap d iterjunkan di daerah mana pun dalam Pilkada 2024 jika sudah d iperintahkan oleh partai. “Kita semua berkomunikasi. Dengan Pak Ahok saya sudah dua kali berkomunikasi, ‘Pak, kalau Anda d iterjunkan di Sumatra Utara siap enggak?’. ‘Kalau sudah partai yang instruksikan, jangankan Sumatra Utara, ke Papua juga saya siap’,” ujar Rapidin menirukan percakapannya dengan Ahok.

Menurut Rapidin, Pilkada Sumatra Utara kali ini sedikit berbeda karena Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Joko Widodo, Bobby Nasution, telah mengambil formulir pendaftaran calon gubernur Sumatra Utara. “Saya sudah menyampaikan pada DPP, Sumatra Utara ini sedikit agak berbeda dari tahun-tahun kemarin. Karena apa? Karena di sana ada Bobby yang notabene menantu presiden,” jelasnya.

Rakernas V PDIP yang berlangsung dari Jumat (24/5) hingga Minggu (26/5) membahas tiga pokok utama, yaitu sikap politik PDIP, perumusan program kerakyatan, dan strategi pemenangan Pilkada 2024.**

Sumber : Antaranews

Related articles

Recent articles

spot_img