34 C
Jakarta

Suku bunga hipotek jangka panjang turun untuk minggu ketiga berturut-turut, turun di bawah 7%

Published:

LOS ANGELES (AP) — Tingkat rata-rata hipotek 30 tahun turun minggu ini menjadi sedikit di bawah 7% untuk pertama kalinya sejak pertengahan April, sebuah dorongan kecil bagi pembeli rumah yang menavigasi pasar perumahan yang terbebani oleh kenaikan harga dan relatif sedikit properti yang tersedia. .

Tingkat suku bunga turun menjadi 6,94% dari 7,02% minggu lalu, kata pembeli hipotek Freddie Mac pada hari Kamis. Setahun yang lalu, angkanya rata-rata 6,57%.

Ini adalah penurunan rata-rata mingguan ketiga berturut-turut. Kemunduran baru-baru ini mengikuti serangkaian kenaikan selama lima minggu yang mendorong tingkat rata-rata ke level tertinggi sejak 30 November. Suku bunga hipotek yang lebih tinggi dapat menambah biaya ratusan dolar per bulan bagi peminjam, sehingga membatasi pilihan pembelian pembeli rumah.

Biaya pinjaman pada hipotek dengan suku bunga tetap 15 tahun, yang populer di kalangan pemilik rumah yang membiayai kembali pinjaman rumah mereka, juga menurun minggu ini, memangkas suku bunga rata-rata menjadi 6,24% dari 6,28% pada minggu lalu. Setahun yang lalu, rata-ratanya 5,97%, kata Freddie Mac.

Suku bunga hipotek dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk bagaimana pasar obligasi bereaksi terhadap kebijakan suku bunga Federal Reserve dan pergerakan imbal hasil Treasury 10-tahun, yang digunakan pemberi pinjaman sebagai panduan dalam menentukan harga pinjaman rumah.

Imbal hasil Treasury sebagian besar telah menurun sejak saat itu Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan awal bulan ini bahwa bank sentral masih lebih dekat untuk memangkas suku bunga utamanya daripada menaikkannya.

Namun, The Fed tetap menyatakan bahwa mereka tidak berencana untuk menurunkan suku bunga sampai mereka memiliki keyakinan yang lebih besar bahwa kenaikan harga akan melambat secara berkelanjutan hingga mencapai target 2%.

Sampai saat itu tiba, suku bunga hipotek kemungkinan tidak akan turun secara signifikan, kata para ekonom.

Setelah naik ke level tertinggi dalam 23 tahun sebesar 7,79% di bulan Oktober, tingkat rata-rata hipotek 30 tahun tetap di bawah 7% tahun ini hingga bulan lalu. Bahkan dengan penurunan yang terjadi baru-baru ini, angka tersebut masih jauh di atas dua tahun yang lalu yaitu sebesar 5,25%.

Kenaikan harga rumah pada bulan lalu merupakan perkembangan yang tidak diinginkan oleh calon pembeli rumah di tengah waktu yang biasanya merupakan waktu tersibuk dalam setahun untuk penjualan rumah. Rata-rata, lebih dari sepertiga rumah yang terjual pada tahun tertentu dibeli antara bulan Maret dan Juni.

Penjualan rumah-rumah di AS yang sebelumnya dihuni turun Berbaris Dan April saat pembeli rumah menghadapi kenaikan suku bunga dan harga hipotek.

Penurunan suku bunga hipotek bulan ini telah mendorong peningkatan permohonan pinjaman rumah, yang naik minggu lalu sebesar 1,9% dari minggu sebelumnya, menurut Mortgage Bankers Association.

“Mei merupakan bulan yang lebih baik bagi pasar hipotek, dengan tiga minggu terakhir menunjukkan penurunan suku bunga hipotek dan peningkatan permohonan,” kata CEO MBA Bob Broeksmit. “Harga di bawah 7% adalah kabar baik bagi calon pembeli, dan MBA memperkirakan harga akan terus turun pada musim panas ini.”

Related articles

Recent articles

spot_img