Sebuah penelitian terhadap 22 pasang kembar identik menemukan bahwa pola makan vegan secara signifikan meningkatkan kesehatan jantung hanya dalam delapan minggu. Dengan berfokus pada anak kembar, penelitian ini secara efektif mengontrol variasi genetik dan gaya hidup, mengungkapkan bahwa pola makan vegan menyebabkan penurunan kolesterol LDL, kadar insulin, dan berat badan, yang merupakan indikator utama kesehatan jantung. Penelitian ini menggarisbawahi manfaat pola makan nabati, dan menganjurkan penerapannya untuk perbaikan kesehatan jangka panjang.
Sebuah uji coba yang dipimpin oleh Stanford Medicine, yang melibatkan kembar identik dan membandingkan pola makan vegan dengan pola makan omnivora, menunjukkan bahwa pola makan vegan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh Stanford Medicine dan kolaboratornya yang melibatkan 22 pasang kembar identik, ditemukan bahwa mengikuti pola makan vegan dapat meningkatkan kesehatan jantung hanya dalam kurun waktu delapan minggu.
Meskipun diketahui bahwa makan lebih sedikit daging meningkatkan kesehatan jantung, penelitian mengenai pola makan sering kali terhambat oleh faktor-faktor seperti perbedaan genetik, pola asuh, dan pilihan gaya hidup. Namun, dengan mempelajari kembar identik, para peneliti dapat mengontrol genetika dan membatasi faktor-faktor lain, karena si kembar tumbuh di rumah yang sama dan memiliki gaya hidup yang serupa.
“Penelitian ini tidak hanya memberikan cara inovatif untuk menegaskan bahwa pola makan vegan lebih sehat dibandingkan pola makan omnivora konvensional, tetapi penelitian ini juga merupakan hal yang menarik untuk dilakukan,” kata Christopher Gardner, Ph.D., Profesor Rehnborg Farquhar dan seorang profesor kedokteran. “Mereka berpakaian sama, berbicara dengan cara yang sama, dan saling bercanda yang hanya bisa Anda lakukan jika Anda menghabiskan banyak waktu bersama.”
Studi ini baru-baru ini dipublikasikan di jurnal Jaringan JAMA Terbuka. Gardner adalah penulis senior. Studi ini pertama kali ditulis oleh Matthew Landry, Ph.D., mantan peneliti postdoctoral di Stanford Prevention Research Center, sekarang di University of California, Irvine, dan Catherine Ward, Ph.D., seorang peneliti post-doctoral di University of California. tengah.
Peserta kembar
Uji coba yang dilakukan pada Mei hingga Juli 2022 ini melibatkan 22 pasang kembar identik dengan total peserta 44 orang. Penulis penelitian memilih peserta yang sehat tanpa penyakit kardiovaskular dari Stanford Twin Registry – database saudara kembar fraternal dan identik yang telah setuju untuk berpartisipasi dalam studi penelitian – dan mencocokkan satu kembar dari setiap pasangan dengan pola makan vegan atau omnivora.
Kedua pola makan tersebut sehat, penuh dengan sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian, serta bebas gula dan pati olahan. Pola makan vegan sepenuhnya berbasis tumbuhan, dan tidak menyertakan daging atau produk hewani seperti telur atau susu. Makanan omnivora termasuk ayam, ikan, telur, keju, susu, dan makanan hewani lainnya.
Selama empat minggu pertama, layanan makanan menyediakan 21 makanan per minggu — tujuh sarapan, makan siang, dan makan malam. Selama empat minggu tersisa, para peserta menyiapkan makanannya sendiri.
Seorang ahli diet terdaftar, atau “pembisik diet”, menurut Gardner, siap dihubungi untuk memberikan saran dan menjawab pertanyaan mengenai diet selama masa penelitian. Para peserta diwawancarai tentang asupan makanan mereka dan mencatat makanan yang mereka makan.
Empat puluh tiga peserta menyelesaikan penelitian yang, kata Gardner, menunjukkan betapa layaknya mempelajari cara menyiapkan pola makan sehat dalam empat minggu.
“Penelitian kami menggunakan pola makan yang dapat digeneralisasikan dan dapat diakses oleh siapa saja, karena 21 dari 22 vegan mengikuti pola makan tersebut,” kata Gardner, yang merupakan profesor di Stanford Prevention Research Center. “Hal ini menunjukkan bahwa siapa pun yang memilih pola makan vegan dapat meningkatkan kesehatan jangka panjangnya dalam dua bulan, dengan perubahan terbesar terlihat pada bulan pertama.”
Meningkatkan kesehatan
Para penulis menemukan peningkatan terbesar selama empat minggu pertama setelah perubahan pola makan. Peserta dengan pola makan vegan memiliki kadar kolesterol lipoprotein densitas rendah (LDL-C) yang jauh lebih rendah, insulindan berat badan – yang semuanya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung – dibandingkan peserta omnivora.
Pada tiga titik waktu – pada awal percobaan, pada empat minggu, dan pada delapan minggu – peneliti menimbang peserta dan mengambil darah mereka. Rata-rata tingkat LDL-C awal untuk vegan adalah 110,7 mg/dL dan 118,5 mg/dL untuk peserta omnivora; angka tersebut turun menjadi 95,5 untuk vegan dan 116,1 untuk omnivora pada akhir penelitian. Tingkat LDL-C sehat yang optimal adalah kurang dari 100.
Karena peserta sudah memiliki tingkat LDL-C yang sehat, maka ruang untuk perbaikan menjadi lebih kecil, kata Gardner, dan berspekulasi bahwa peserta yang memiliki tingkat LDL-C awal yang lebih tinggi akan menunjukkan perubahan yang lebih besar.
Peserta vegan juga menunjukkan penurunan insulin puasa sebesar 20% – tingkat insulin yang lebih tinggi merupakan faktor risiko terkena diabetes. Para vegan juga kehilangan rata-rata 4,2 pon lebih banyak dibandingkan para omnivora.
“Berdasarkan hasil ini dan memikirkan umur panjang, kebanyakan dari kita akan mendapatkan manfaat dari pola makan nabati,” kata Gardner.
Para peserta vegan (dan para omnivora sampai batas tertentu) melakukan tiga hal paling penting untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurut Gardner: Mereka mengurangi lemak jenuh, meningkatkan serat makanan, dan menurunkan berat badan.
Bakat global
Gardner menekankan bahwa meskipun kebanyakan orang mungkin tidak akan menjadi vegan, dorongan ke arah nabati dapat meningkatkan kesehatan. “Pola makan vegan dapat memberikan manfaat tambahan seperti peningkatan bakteri usus dan pengurangan hilangnya telomer, yang memperlambat penuaan dalam tubuh,” kata Gardner.
“Yang lebih penting daripada menjadi vegan adalah memasukkan lebih banyak makanan nabati ke dalam pola makan Anda,” kata Gardner, yang “kebanyakan menjadi vegan” selama 40 tahun terakhir. “Untungnya, menikmati makanan multikultural vegan seperti masala India, tumis Asia, dan hidangan berbahan dasar miju-miju Afrika bisa menjadi langkah awal yang baik.”
Referensi: “Efek Kardiometabolik dari Pola Makan Omnivora vs Vegan pada Kembar Identik: Uji Klinis Acak” oleh Matthew J. Landry, Catherine P. Ward, Kristen M. Cunanan, Lindsay R. Durand, Dalia Perelman, Jennifer L. Robinson, Tayler Hennings , Linda Koh, Christopher Dant, Amanda Zeitlin, Emily R. Ebel, Erica D. Sonnenburg, Justin L. Sonnenburg dan Christopher D. Gardner, 30 November 2023, Jaringan JAMA Terbuka.
DOI: 10.1001/jamanetworkopen.2023.44457
Studi ini didanai oleh Vogt Foundation; Penghargaan Sains Klinis dan Terjemahan Stanford; dan Institut Jantung, Paru-Paru dan Darah Nasional.





