Alvin Lie Bilang Tol Akses Bandara Kertajati Belum Tentu Ramai, Wamen PUPR: Justru Bakal Pacu Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

by admin
3 minutes read

Jakarta, BN Nasional — “Jalan Tol ini juga akan mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat, yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan industri di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta,” ujar John Wempi dalam keterangan tertulis, dikutip dari Antara, Senin 20 Desember.

Menurut Wamen PUPR, keberadaan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati bersamaan pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, juga akan mendukung konektivitas menuju ke bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

“Jalan tol ini merupakan penambahan ruang lingkup yang menjadi bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan yang telah beroperasi sejak lama. Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati hari ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Jalan yang ditetapkan setiap tanggal 20 Desember berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No.1151 Tahun 2021,” katanya.

Pada Senin, Jalan Tol Akses BIJB Kertajati, yang terkoneksi dengan Tol Cikampek-Palimanan (Cipali) sepanjang kurang lebih 3,7 km telah resmi dioperasikan.

Wamen PUPR John Wempi Wetipo secara langsung melakukan prosesi tapping kartu e-Toll di Gerbang Tol Kertajati Utama tertanda pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati sehingga dapat dinikmati masyarakat khususnya di wilayah Jawa Barat.

Sementara itu, Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit mengatakan tol ini memiliki arti sangat penting yakni memiliki koneksi yang singkat dari Tol Cipali ke BIJB Kertajati serta menjadi simbol penting integrasi berbagai jenis infrastruktur.

“Koneksi antar infrastruktur jalan tol dan BIJB Kertajati merupakan simbol semua perencanaan dilaksanakan secara terintegrasi. Diharapkan integrasi kedua infrastruktur ini menjadikan daya saing wilayah, ekonomi, logistik, serta meningkatkan pertumbuhan wisata ekonomi baru wilayah Rebana di Jawa Barat yang semakin berkembang,” ujar Danang.

Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB Kertajati telah ditetapkan berdasarkan surat Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1514/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Akses BIJB sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan beserta dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No 1515/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Akses BIBJ Kertajati sebagai bagian dari Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Pada pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati juga terdapat ikon patung berbentuk angklung khas Jawa Barat yang berada di tengah Simpang Susun Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali.

Ruas Jalan Tol Akses BIJB Kertajati dikelola badan usaha jalan tol (BUJT) PT Astra Tol Cipali yang sekaligus mengoperasikan Jalan Tol Cipali, serta PT Acset Indonusa Tbk, selaku kontraktor pelaksana dengan nilai proyek sebesar Rp692 miliar.

Sebelumnya, pengamat penerbangan Alvin Lie menilai ekosistem Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, perlu terus dibangun setelah jalan tol akses ke bandara tersebut dioperasikan mulai hari ini 20 Desember.

“Daya tarik bandara tidak cuma akses, tapi juga kelengkapan ikutannya apa. Kalau penerbangannya pagi, penumpang menginap di mana, belanja di mana, angkutan lanjutan bagaimana, sehingga menjadi daya tarik bandara,” katanya, dikutip dari Antara, Senin 20 Desember.

Menurut Alvin, dengan pengoperasian Jalan Tol Akses Bandara Kertajati mulai Senin 20 Desember, masyarakat akan semakin mudah mengakses bandara tersebut. Namun Bandara Kertajati belum tentu menjadi lebih ramai.

“Selama penumpang belum cukup jumlahnya, airline tidak akan ke sana, karena mereka juga tidak mau merugi,” ucapnya.

Sumber.

related posts