25.2 C
Jakarta

Dewan universitas mengumumkan rektor baru di NC A&T

Published:

RALEIGH, NC (AP) — Universitas Negeri Pertanian dan Teknik Carolina Utara, yang merupakan universitas kulit hitam terbesar dalam sejarah di negara itu, memiliki rektor baru setelah hampir sembilan bulan melakukan pencarian.

Dewan Gubernur Universitas North Carolina dengan suara bulat memilih untuk menunjuk James Martin sebagai rektor berikutnya dari North Carolina A&T selama pertemuan khusus hari Jumat.

Martin adalah wakil rektor penelitian dan inovasi STEM di Universitas Pittsburgh, tempat ia sebelumnya menjabat sebagai dekan fakultas teknik universitas tersebut.

Martin, yang merupakan calon Presiden Sistem UNC Peter Hans, bekerja terutama di bidang teknik sipil, sebuah profesi yang menurut Hans akan membantu Martin “memimpin lembaga publik melalui era yang tidak tenang.”

Di antara banyak tantangan yang mungkin dihadapi para kanselir, Hans mengatakan menjaga “kepercayaan masyarakat di era meningkatnya skeptisisme dan polarisasi” akan menjadi salah satu tugas yang harus ditangani Martin.

“Dokter Martin menyadari semua tantangan tersebut, dan dia tidak tergoyahkan oleh satupun tantangan tersebut,” kata Hans sebelum pemungutan suara dewan.

Terletak di Greensboro, North Carolina A&T memiliki lebih dari 13.000 siswa. Ini adalah salah satu dari sepuluh perguruan tinggi dan universitas yang secara historis berkulit hitam diakui oleh Departemen Pendidikan AS di North Carolina, yang memiliki jumlah HBCU tertinggi kedua setelah Alabama.

Pencarian kanselir pertama kali dilakukan pada bulan September ketika Rektor Harold L. Martin mengumumkan pengunduran dirinya pada rapat dewan universitas. Pensiunnya terjadi setelah 15 tahun menjabat sebagai rektor A&T Carolina Utara.

Pemungutan suara pada hari Jumat menandai berakhirnya pencarian rektor lainnya di sistem universitas negeri dalam sebulan terakhir.

Beberapa minggu yang lalu, dewan sistem universitas menyelesaikan pencarian rektor Universitas Negeri Winston-Salem Dan Universitas Pusat Carolina Utara — dua HBCU lainnya masing-masing berlokasi di Winston-Salem dan Durham. Proses pencarian masih berlangsung di kampus unggulan negara bagian itu, Universitas North Carolina di Chapel Hill, setelah mantan Rektor Kevin Guskiewicz mengundurkan diri awal tahun ini untuk menjadi rektor Michigan State University.

Related articles

Recent articles

spot_img