25.4 C
Jakarta

Gunung Ibu di Indonesia meletus sebanyak 3 kali, memuntahkan lava dan awan abu berwarna abu-abu

Published:

JAKARTA, Indonesia (AP) — Gunung Ibu di Indonesia meletus tiga kali pada hari Kamis, memuntahkan lava merah dan awan abu abu-abu. Tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Gunung berapi yang terletak di sebuah pulau di bagian timur Provinsi Maluku Utara ini telah berada meletus hampir setiap hari sejak awal Mei. Pihak berwenang telah meningkatkan kewaspadaan ke tingkat tertinggi seiring dengan meningkatnya jumlah letusan dan gempa vulkanik dalam secara signifikan.

Letusan hari Kamis mengirimkan awan abu setinggi 1.200 meter (4.000 kaki) ke udara, kata Muhammad Wafid, kepala Badan Geologi Indonesia. Foto dan video yang direkam lembaga tersebut dari pos pengamatan menunjukkan semburan lava merah pijar disertai beberapa petir saat terjadi letusan.

Pihak berwenang telah mendesak masyarakat untuk tinggal setidaknya 7 kilometer (4,5 mil) dari gunung berapi setinggi 1.325 meter (4.347 kaki) tersebut.

Lebih dari 1.900 orang telah dievakuasi dari tiga desa dekat gunung berapi, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Ribuan hektar lahan pertanian terkena dampak letusan.

Indonesianegara kepulauan berpenduduk 270 juta jiwa, memiliki 120 gunung berapi aktif. Pulau ini rentan terhadap aktivitas vulkanik karena berada di sepanjang “Cincin Api”, rangkaian garis patahan seismik berbentuk tapal kuda di sekitar Samudera Pasifik.

Related articles

Recent articles

spot_img