29.2 C
Jakarta

Hamas menyambut baik pengumuman Spanyol untuk bergabung dalam kasus genosida SA terhadap Israel di ICJ

Published:

GAZA, (Foto)

Gerakan Hamas menyambut baik pengumuman Spanyol untuk bergabung dalam kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ).

Hamas mengatakan, dalam pernyataan pers pada hari Kamis, “Kami menyambut baik langkah Spanyol dan menghargai peran besarnya dalam mencapai keadilan internasional dengan mengadili pendudukan Israel karena melakukan kejahatan genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang paling keji.”

Hamas meminta semua negara di seluruh dunia untuk bergabung dalam kasus genosida di Afrika Selatan terhadap Israel yang terus membunuh warga Palestina dan melakukan pembantaian genosida, serta menutup mata terhadap resolusi kehati-hatian ICJ.”

Sebelumnya pada hari Kamis, Menteri Luar Negeri Spanyol, Jose Manuel Albares, mengumumkan keterlibatan negaranya dalam kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel.

“Tampaknya penerapan tindakan pencegahan pengadilan terhadap Israel masih jauh,” kata Albares dalam pernyataan persnya, seraya menjelaskan bahwa “Madrid bermaksud memberikan dukungan terhadap pekerjaan pengadilan.”

Hal ini menjadikan Spanyol negara Eropa kedua yang bergabung dalam kasus genosida ICJ setelah Irlandia. Hal ini juga didukung oleh Chile dan Meksiko.

Desember lalu, Afrika Selatan mengajukan gugatan ke ICJ terhadap Israel karena melakukan tindakan genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza.



Related articles

Recent articles

spot_img