Kementerian ESDM Terbitkan RKAB PT Timah 2024-2026

by admin
1 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) PT Timah Tbk untuk periode 2024 hingga 2026.

D irektur Pembinaan Program Minerba Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (D itjen Minerba) Kementerian ESDM, Tri Winarno, membenarkan hal tersebut dan menyatakan bahwa beberapa perusahaan swasta lainnya juga telah menerima RKAB mereka.

“PT Timah sudah (terbit), terus ada beberapa (perusahaan) swasta juga sudah,” kata Tri di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Meskipun demikian, Tri enggan untuk membeberkan besaran kuota timah yang d ialokasikan kepada PT Timah dalam RKAB tersebut.

“Lupa saya angkanya,” ujar Tri.

Sebagai informasi, PT Timah memiliki Izin Usaha Pertambangan (IUP) timah seluas 472.912 hektar (ha) dan berhasil memproduksi 8.100 ton logam timah pada kuartal II 2023 dengan penjualan mencapai 8.307 ton.

Pada periode yang sama, PT Timah mencatatkan laba sebesar Rp16,2 miliar. Penurunan harga logam timah dan cuaca yang kurang mendukung menjadi faktor utama yang menghambat kinerja perusahaan dan menekan laba bersih.

“Kondisi harga jual rerata logam timah dan cuaca yang belum mendukung sampai dengan semester 1-2023 masih menjadi penyebab penurunan produksi timah yang menggerus laba bersih Perseroan. Saat ini kepercayaan pihak kreditur atau institusi keuangan terhadap Perseroan masih kuat.” kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Timah, Fina Eliani, dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (31/8/2023).*[]

related posts