Lufthansa dan serikat awak kabin mencapai kesepakatan gaji untuk mengakhiri serangkaian perselisihan penerbangan Jerman

by admin
2 minutes read
Lufthansa dan serikat awak kabin mencapai kesepakatan gaji untuk mengakhiri serangkaian perselisihan penerbangan Jerman

BERLIN (AP) — Lufthansa dan serikat pekerja yang mewakili awak kabin mencapai kesepakatan gaji pada Kamis, menyelesaikan perselisihan terakhir dari beberapa perselisihan besar yang menyebabkan pemogokan baru-baru ini di maskapai penerbangan terbesar Jerman dan di sektor penerbangan negara yang lebih luas.

Itu Masyarakat UFO mengatakan hampir 19.000 awak kabin akan mendapatkan kenaikan gaji secara efektif sebesar 17,4% dalam tiga tahap berdasarkan kesepakatan tiga tahun, ditambah pembayaran satu kali sebesar 3.000 euro ($3.240) per orang untuk mengimbangi inflasi. Beberapa bonus juga akan ditingkatkan.

Serikat pekerja, yang awalnya menginginkan kenaikan sebesar 15% selama periode 18 bulan, akan mengajukan kesepakatan tersebut melalui pemungutan suara dari para anggotanya. Kesepakatannya dengan Lufthansa tidak mencakup staf di dua anak perusahaan perusahaan, Cityline dan Discover, yang pembicaraannya sedang berlangsung.

Bulan lalu, serikat pekerja Ver.di mendapatkan kenaikan gaji rata-rata sebesar 12,5% selama dua tahun untuk sekitar 25.000 pekerja. Staf darat Lufthansa setelah proses arbitrase. Akan ada kenaikan gaji yang lebih besar bagi mereka yang berpenghasilan rendah.

Awal pekan ini, perselisihan terpisah melibatkan staf keamanan di sebagian besar bandara utama Jerman dan perusahaannya telah terselesaikan. Kesepakatan itu, yang juga dicapai setelah arbitrase, memperkirakan kenaikan sebesar 13,1% hingga 15,1% selama 15 bulan.

Ketiga perselisihan tersebut berujung pada pemogokan dalam beberapa bulan terakhir yang menyebabkan pembatalan penerbangan secara luas.

Gangguan ini diperburuk dengan pemogokan berkepanjangan yang disebabkan oleh perselisihan yang terjadi secara bersamaan antara operator kereta api utama Jerman, Deutsche Bahn, dan serikat pekerja yang mewakili banyak masinis kereta api. Hal ini diselesaikan bulan lalu dengan kesepakatan yang akan mengurangi jam kerja pengemudi dan beberapa personel lainnya dari 38 jam menjadi 35 jam pada tahun 2029 tanpa pemotongan gaji. Mereka akan memiliki pilihan untuk bekerja lebih lama untuk mendapatkan lebih banyak uang.

related posts