29.2 C
Jakarta

Para Ilmuwan Menemukan Bahwa Lirik Lagu Menjadi Lebih Sederhana dan Berulang-ulang

Published:

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lirik lagu berbahasa Inggris menjadi lebih sederhana dan berulang selama 40 tahun terakhir, sekaligus menjadi lebih emosional dan pribadi, yang mencerminkan perubahan dalam konsumsi musik dan preferensi pendengar.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Laporan Ilmiahlirik lagu berbahasa Inggris menjadi lebih sederhana dan berulang selama 40 tahun terakhir.

Eva Zangerle dan rekannya menganalisis lirik dari 12.000 lagu rap, country, pop, R&B, dan rock berbahasa Inggris (2.400 lagu per genre) yang dirilis antara tahun 1980 dan 2020. Penulis menemukan bahwa, secara umum, lirik menjadi lebih sederhana dan mudah untuk dibaca. memahami seiring berjalannya waktu dan bahwa jumlah kata berbeda yang digunakan dalam lagu telah berkurang, khususnya di antara lagu rap dan rock. Mereka berpendapat bahwa peningkatan umum dalam pengulangan lirik di berbagai genre telah menyebabkan lirik menjadi lebih sederhana secara keseluruhan. Para penulis berspekulasi bahwa tren lirik yang lebih sederhana dapat mencerminkan perubahan dalam konsumsi musik, seperti peningkatan jumlah lagu yang diputar sebagai musik latar.

Konten Emosional dalam Lirik

Penulis menemukan bahwa lirik cenderung menjadi lebih emosional dan pribadi seiring berjalannya waktu. Penggunaan kata-kata yang emosional positif dan negatif meningkat pada lagu rap, sedangkan penggunaan lirik negatif emosional meningkat pada lagu R&B, pop, dan country. Selain itu, semua genre menunjukkan peningkatan penggunaan kata-kata yang berhubungan dengan kemarahan.

Analisis tambahan terhadap penayangan 12.000 lirik lagu di platform lirik lagu online Genius mengungkapkan bahwa lirik lagu rock lama cenderung lebih banyak dilihat daripada lagu rock baru, tetapi lirik lagu country baru cenderung lebih banyak dilihat daripada lirik lagu rock baru. lagu-lagu country lawas. Hal ini dapat menunjukkan bahwa pendengar musik rock lebih menyukai lirik dari lagu-lagu lama, sedangkan pendengar country mungkin lebih menyukai lirik dari lagu-lagu baru.

Temuan ini memberikan wawasan lebih jauh mengenai evolusi musik selama 40 tahun terakhir.

Referensi: “Lirik lagu menjadi lebih sederhana dan berulang selama lima dekade terakhir” oleh Emilia Parada-Cabaleiro, Maximilian Mayerl, Stefan Brandl, Marcin Skowron, Markus Schedl, Elisabeth Lex dan Eva Zangerle, 28 Maret 2024, Laporan Ilmiah.
DOI: 10.1038/s41598-024-55742-x

Related articles

Recent articles

spot_img