Petugas Gabungan Gagalkan Penyelundupan 13 Kg Sabu di Nunukan

by admin
2 minutes read

JAKARTA, BN NASIONAL

Petugas Bea Cukai Nunukan dan Polres Nunukan Provinsi Kalimantan Utara berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis methamphetamine (sabu) seberat 13 kilogram yang d isembunyikan di dalam kaleng susu.

“Penggagalan penyelundupan sabu ini terungkap pada 24 April 2024, ketika tim gabungan Bea Cukai Nunukan dan Tim Reskoba Polres mengawasi Dermaga Aji Putri Nunukan,” kata Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Penyuluhan Bea Cukai Nunukan, Iman Hakiki Nurifa, Rabu (22/5/24).

Iman menjelaskan, kecurigaan petugas muncul saat melihat kegiatan pembongkaran barang dari Malaysia di dermaga tersebut.

Petugas kemudian melakukan pemeriksaan fisik dengan bantuan alat pemindai (x-ray) dan anjing pelacak narkotika (tim K-9).

Dari hasil pemeriksaan menggunakan x-ray itu, petugas gabungan menemukan indikasi barang yang mencurigakan yang d isimpan di dalam dua karung berisi total 26 kaleng susu kental manis.

Pemeriksaan lebih lanjut, petugas menemukan bungkusan bening berisi kristal putih yang d iduga sabu di dalam seluruh kaleng susu tersebut. Berat sabu dalam setiap kaleng d iperkirakan mencapai 500 gram.

“Sabu d isembunyikan dengan cara d ibungkus plastik transparan dan d imasukkan ke dalam kaleng susu,” ujar Iman.

Kasus tersebut selanjutnya d itangani oleh jajaran Polres Nunukan. Dan, ia menegaskan, bahwa penyelundupan narkotika merupakan kejahatan yang dapat merugikan keuangan negara dan membahayakan masyarakat.

Bea Cukai Nunukan berkomitmen terus bersinergi dengan instansi penegak hukum lainnya untuk memberantas peredaran gelap narkotika dan menutup celah penyelundupan.

“Penggagalan penyelundupan sabu ini menunjukkan komitmen Bea Cukai Nunukan dalam menjaga keamanan negara dan melindungi masyarakat dari bahaya narkotika,” ujar Imam.**

Sumber : Antaranews

related posts