34 C
Jakarta

Satelit NOAA GOES-U Siap Diluncurkan

Published:

GOES-U NOAA adalah satelit keempat dan terakhir dalam Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner (GOES) – Seri R, sistem pengamatan cuaca dan pemantauan lingkungan tercanggih di Belahan Barat. Seri GOES-R menyediakan citra canggih dan pengukuran atmosfer, pemetaan aktivitas petir secara real-time, dan observasi cuaca luar angkasa. Kredit: NASA

Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner U (GOES-U) akan diluncurkan pada a Luar AngkasaX Roket Falcon Heavy dari NASAPusat Luar Angkasa Kennedy.

Satelit, bagian dari NOAASeri GOES-R telah menjalani persiapan pra-peluncuran yang signifikan termasuk pemasangan pada kendaraan peluncuran, pengisian bahan bakar, dan enkapsulasi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan prakiraan cuaca dan deteksi cuaca luar angkasa.

Kru mengangkut Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner (GOES-U) NOAA (Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional) dari fasilitas Operasi Luar Angkasa Astrotech ke hanggar SpaceX di Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida mulai Jumat, 14 Juni 2024, dengan operasi selesai Sabtu dini hari, 15 Juni 2024. Kredit: NASA/Ben Smegelsky

Persiapan Peluncuran Satelit GOES-U

Satelit Lingkungan Operasional Geostasioner U (GOES-U) kini telah melewati beberapa tonggak penting menjelang peluncurannya yang akan datang dengan menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy dari Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Antariksa Kennedy NASA di Florida.

Teknisi di fasilitas Operasi Luar Angkasa Astrotech di Titusville, Florida mengangkat satelit GOES-U milik National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ke adaptor muatan dan pemasangan muatan pada tanggal 10 Juni, memungkinkan GOES-U untuk terpasang dengan aman ke bagian atas Falcon-nya Roket berat.

Integrasi Satelit dan Pengisian Bahan Bakar

Pencapaian ini menyusul operasi pengisian bahan bakar baru-baru ini di mana tim memuat lebih dari 5.000 pon propelan hipergolik dan oksidator ke dalam satelit, yang akan digunakan untuk memberikan daya dorong ke orbit. Satelit GOES-U sekarang memiliki berat total 10,956 pon.

Tim selanjutnya merangkum satelit setinggi 20 kaki itu ke dalam dua bagian fairing muatan sebagai persiapan untuk menghubungkannya ke roket pada 13 Juni.

Enkapsulasi Fairing Muatan Noaa Goes-U

Teknisi mempersiapkan GOES-U NOAA untuk enkapsulasi di dalam bagian fairing muatan pada Kamis, 13 Juni 2024, di fasilitas Operasi Luar Angkasa Astrotech di Titusville dekat Pusat Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida. Kredit: NASA/Ben Smegelsky

Prosedur Pra-Peluncuran Akhir

Selama fase pendakian peluncuran, bagian fairing akan melindungi GOES-U dari tekanan aerodinamis dan pemanasan. Setelah GOES-U tidak lagi memerlukan perlindungan ini, sekitar empat menit setelah lepas landas, separuhnya akan dibuang dan kembali ke Bumi, di mana kru SpaceX akan memulihkannya untuk digunakan pada misi masa depan.

Setelah enkapsulasi, para pekerja mengangkut pesawat ruang angkasa dari fasilitas Astrotech ke hanggar NASA Kennedy dan SpaceX di Kompleks Peluncuran 39A pelabuhan antariksa, pada 15 Juni.

Kru Mengangkut Goes-U Noaa

Kru mengangkut GOES-U NOAA dari fasilitas Operasi Luar Angkasa Astrotech ke hanggar SpaceX di Kompleks Peluncuran 39A di Pusat Luar Angkasa Kennedy NASA di Florida mulai hari Jumat, 14 Juni 2024, dengan operasi selesai Sabtu pagi, 15 Juni 2024. Kredit: NASA/Ben Smegelsky

Jadwal Peluncuran dan Tujuan Misi

Tonggak sejarah misi berikutnya termasuk menghubungkan GOES-U yang dienkapsulasi ke roket SpaceX Falcon Heavy sebelum meluncurkan tumpukannya ke landasan peluncuran.

NASA menargetkan pembukaan jendela dua jam pada pukul 17:16 EDT pada tanggal 25 Juni, untuk peluncuran GOES-U dengan menggunakan roket SpaceX Falcon Heavy dari Launch Complex 39A di NASA Kennedy. Setelah peluncuran, pesawat ruang angkasa ini akan menyelesaikan perjalanan hampir tiga minggu ke tujuannya di orbit geostasioner 22.236 mil di atas garis khatulistiwa, sehingga satelit dapat terus melihat Belahan Bumi Barat.

Sebagai satelit keempat dan terakhir dalam Seri GOES-R NOAA, GOES-U akan meningkatkan kemampuan ahli meteorologi untuk memberikan prakiraan cuaca dan kemampuan peringatan tingkat lanjut. GOES-U juga akan meningkatkan deteksi dan pemantauan bahaya cuaca luar angkasa menggunakan instrumen coronagraph kompak yang baru.

Program Layanan Peluncuran NASA, yang berbasis di Kennedy, mengelola layanan peluncuran misi GOES-U. Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA di Greenbelt, Maryland mengawasi akuisisi pesawat ruang angkasa dan instrumen. Lockheed Martin merancang, membangun, dan menguji satelit seri GOES-R. L3Harris Technologies menyediakan instrumen utama, Advanced Baseline Imager, bersama dengan sistem ground, yang mencakup sistem antena untuk penerimaan data.

Related articles

Recent articles

spot_img