25.4 C
Jakarta

Alga Beracun dan Pengabaian Lingkungan di Clear Lake California

Published:

Citra satelit Clear Lake California yang ditangkap pada 15 Mei 2024, oleh Operational Land Imager-2 di Landsat 9.

Pada pertengahan Mei 2024, Clear Lake di California mengalami pertumbuhan alga yang signifikan, kemungkinan besar termasuk cyanobacteria berbahaya, yang ditangkap oleh citra satelit. Danau eutrofik ini, diperkaya dengan nutrisi dari berbagai sumber, menghadapi peningkatan kejadian pertumbuhan alga berbahaya, yang berdampak pada manusia dan kehidupan akuatik.

Pertumbuhan alga menutupi perairan Clear Lake California pada pertengahan Mei 2024. Lingkaran hijau cerah terlihat di sebagian besar wilayah danau ketika OLI-2 (Operational Land Imager-2) pada satelit Landsat 9 memperoleh gambar ini pada 15 Mei .

Sifat dan Dampak Cyanobacteria

Mekarnya mungkin mengandung ganggang biru-hijau, juga dikenal sebagai cyanobacteria, serta jenis fitoplankton lainnya; hanya sampel langsung yang dapat menentukan komposisi pasti dari suatu mekar. Cyanobacteria adalah organisme bersel tunggal yang bergantung pada fotosintesis mengubah sinar matahari menjadi makanan, dan beberapa menghasilkan microcystin, racun kuat yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan kerusakan hati dan ginjal.

Konteks Sejarah dan Pengayaan Nutrisi

Clear Lake adalah danau eutrofik yang kaya nutrisi alami yang mendukung pertumbuhan alga dan tanaman air. Terletak sekitar 60 mil (100 kilometer) utara Teluk San Francisco, tempat ini telah lama menampung populasi alga dalam jumlah besar, kemungkinan sejak akhir zaman es terakhir sekitar 10.000 tahun yang lalu, menurut inti sedimen.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat telah meningkatkan masukan nutrisi ke danau, dan jumlah bunga berbahaya pun meningkat. Dari lebih dari 130 alga jenis yang telah diidentifikasi di Clear Lake, tiga spesies ganggang biru-hijau dapat menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan manusia dalam kondisi tertentu. Pertumbuhan alga berbahaya ini cenderung terjadi pada musim semi dan akhir musim panas, menurut pejabat Lake County.

Sumber Nutrisi dan Masalah Lingkungan

Nutrisi seperti fosfor masuk ke danau melalui anak-anak sungainya dan mendorong pertumbuhan alga berlebih. Limpasan dari lahan pertanian, kebun anggur, sistem septik yang rusak, tambang kerikil, dan tambang merkuri terbuka yang terbengkalai berkontribusi terhadap masalah kualitas air di danau. Beberapa nutrisi pemicu pertumbuhan berada di sedimen dasar danau, hanya untuk diaduk oleh gelombang dan perilaku mencari makan serta memijah ikan mas non-pribumi.

Pemantauan dan Dampaknya terhadap Kehidupan Perairan

Alat analisis kualitas air menunjukkan bahwa kadar klorofil-a, pigmen pemanen sinar matahari pada tumbuhan dan fitoplankton (termasuk alga), dan indeks yang memperkirakan konsentrasi cyanobacteria meningkat sepanjang awal Mei. Perkiraan ini, yang diperoleh dari instrumen warna laut di Sentinel-3 dengan pemrosesan tambahan oleh NOAA National Ocean Service, mencapai nilai tertinggi pada bulan tersebut pada tanggal 15 Mei, tanggal gambar di atas.

Hingga tanggal 25 Mei, pengukuran konsentrasi mikrosistin untuk pertumbuhan ini belum tersedia dari pemantau kualitas air setempat. Sekalipun tidak ada racun, kelimpahan alga masih dapat membahayakan kehidupan akuatik; bakteri mengonsumsi oksigen saat mereka memecah fitoplankton mati, yang dapat menyebabkan hipoksia dan zona mati.

NASA Gambar Observatorium Bumi oleh Wanmei Liang, menggunakan data Landsat dari Survei Geologi AS.

Related articles

Recent articles

spot_img