Anak Vanessa Angel Jalani CT Scan Usai Kecelakaan, Begini Prosesnya

by admin
2 minutes read

Jakarta, BN Nasional — Dalam kecelakaan tersebut, tiga orang lainnya yang terdiri dari sopir, pengasuh, serta anak Vanessa, Gala Sky Ardiansyah, selamat dan menjalani perawatan di rumah sakit.

Gala pun diketahui menjalani CT scan untuk mengetahui adanya kemungkinan luka dalam akibat kecelakaan tersebut. Usai diperiksa, dokter bedah di RSUD Kertosono Nganjuk yang merawat Gala, dr Kurniawan Eko, mengatakan tidak ada luka yang serius pada balita itu.

“Setelah di CT-Scan tidak ada tanda-tanda pendarahan di otak,” katanya pada Kamis (4/11/2021).

Selain pendarahan otak, ada beberapa kondisi cedera kepala pada anak yang harus diwaspadai. Misalnya seperti memar, patah tulang, pendarahan, hingga gegar otak.

Dikutip dari Kids Health, cedera kepala sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu internal dan eksternal. Cedera eksternal meliputi luka di kulit kepala. Sedangkan internal, melibatkan tengkorak, otak, dan pembuluh darah.

Adapun tanda-tanda bahwa cedera kepala yang dialami anak bisa serius, yaitu:

– Kehilangan kesadaran selama lebih dari beberapa menit
– Muntah terus menerus
– Kebingungan
– Kejang
– Sakit di area kepala yang semakin parah

Untuk mengetahui kondisi-kondisi ini, perlu prosedur CT scan seperti yang dijalani Gala usai kecelakaan yang menimpanya. CT scan atau Computed Tomography scan adalah prosedur yang menggabungkan serangkaian gambar X-ray yang diambil dari berbagai sisi di tubuh seseorang.

Pemeriksaan ini menggunakan komputer untuk membuat gambar cross-sectional tulang, pembuluh darah, hingga jaringan lunak tubuh. Dikutip dari Mayo Clinic, prosedur ini memiliki banyak kegunaan, tetapi sangat cocok untuk memeriksa orang-orang yang mengalami cedera internal. Misalnya akibat kecelakaan atau trauma lainnya.

Selain itu, CT scan ini digunakan untuk memvisualisasikan hampir semua bagian tubuh dan berguna untuk mendiagnosis penyakit atau cedera. Tak hanya itu, bisa juga untuk merencanakan perawatan medis, bedah, atau radiasi.

Sumber

related posts