25.4 C
Jakarta

Ilya Sutskever Keluar dari OpenAI

Published:

Ilya Sutskever, salah satu pendiri dan kepala ilmuwan OpenAI, mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan perusahaan pada hari Selasa. OpenAI mengkonfirmasi keberangkatan tersebut dalam siaran pers. Pintu keluar resmi Sutskever terjadi hampir enam bulan setelah dia membantu memimpin upaya bersama anggota dewan lainnya untuk memecat CEO Sam Altman, tindakan tersebut menjadi bumerang beberapa hari kemudian.

“Setelah hampir satu dekade, saya mengambil keputusan untuk meninggalkan OpenAI,” kata Sutskever melalui tweet pada hari Selasa sore. “Saya sangat antusias dengan apa yang akan terjadi selanjutnya — sebuah proyek yang sangat berarti bagi saya secara pribadi dan akan saya bagikan detailnya pada waktunya nanti.”

“Ilya dan OpenAI akan berpisah,” kata Altman dalam tweet tak lama kemudian. “Ini sangat menyedihkan bagi saya; Ilya dengan mudah menjadi salah satu pemikir terhebat di generasi kita, cahaya penuntun di bidang kita, dan teman baik.”

Altman melanjutkan dengan mengatakan bahwa Jakub Pachocki, peneliti senior di tim Sutskever, akan menggantikannya sebagai Kepala Ilmuwan OpenAI. Sutskever mencatat proyek yang dirahasiakan yang sangat “berarti” baginya untuk bergerak maju. Saat ini masih belum jelas proyek apa itu.

Jan Leike, eksekutif OpenAI lainnya yang bekerja dengan Sutskever untuk menjaga AI masa depan, juga mengundurkan diri pada hari Selasa, menurut Informasi. Leike dan Sutskever memimpin OpenAI tim superpenyelarasanyang diserahi tugas besar untuk memastikan AI super canggih milik perusahaan tidak berbalik melawan manusia.

Selama enam bulan terakhir, status Sutskever di OpenAI tidak jelas. Ketika Altman kembali ke perusahaan pada akhir November 2023, dia mengatakan hal ini di Sutskever: “kami berharap dapat melanjutkan hubungan kerja kami dan mendiskusikan bagaimana dia dapat melanjutkan pekerjaannya di OpenAI.” Sutskever adalah satu-satunya anggota OpenAI yang masih berada dalam ketidakpastian pada saat itu—tidak dipecat atau dipekerjakan kembali.

Sejak itu, Altman menolak menjawab pertanyaan tentang status Sutskever di perusahaan dalam beberapa wawancara. Kami hampir tidak mendengar kabar dari Sutskever sendiri selama periode ini. Ini adalah tweet pertama Sutskever dalam lebih dari lima bulan, dan kepala ilmuwan OpenAI hilang dari pengumuman besar seperti Sora dan GPT-4 Omni minggu ini.

Awal tahun ini, anggota pendiri OpenAI Andrej Karpathy meninggalkan perusahaan. Dalam kasus tersebut juga, Karpathy tidak memberikan alasan khusus untuk keluarnya, dan kemudian menjelaskan bahwa dia akan mengerjakan proyek pribadi.

Sutskever memposting foto dengan pemimpin OpenAI Altman, Mira Murati, Greg Brockmandan Jakub Pachocki tak lama setelah mengumumkan kepergiannya. parah; ditampilkan dalam foto tersebut memposting pesan baik tentang masa jabatan Sutskever di OpenAI, memuji ilmuwan terkenal tersebut atas kontribusinya pada dunia kecerdasan buatan.

Related articles

Recent articles

spot_img