Kishida melontarkan lelucon dan menyebut ‘Star Trek’ saat dia dan Biden bersulang untuk aliansi AS-Jepang pada jamuan makan malam kenegaraan

by admin
5 minutes read
AP24102090035562.jpg

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida melontarkan lelucon dan menyebut sebuah batu ujian budaya Amerika ketika ia mengutip dari “Star Trek” pada jamuan makan malam kenegaraan hari Rabu, mengatakan kepada para tamu di Gedung Putih bahwa ia berharap “hubungan yang tak tergoyahkan” antara negaranya dan AS akan “dengan berani pergilah ke tempat yang belum pernah dikunjungi orang sebelumnya.”

“Saya ingin bersulang untuk perjalanan kita ke perbatasan hubungan Jepang-AS dengan kata ini: berangkat dengan berani,” kata Kishida, mengutip monolog pembuka ikonik dari serial “Star Trek” yang asli.

Kishida, yang berbicara dalam bahasa Inggris, dan Presiden Joe Biden saling bersulang hangat dan aliansi yang telah berlangsung selama beberapa dekade antara negara mereka disaksikan oleh tokoh-tokoh terkemuka dari bisnis, olahraga, dan politik – termasuk mantan presiden. Kedua pemimpin, yang menyatakan persahabatan yang tulus, berjanji untuk terus menyatukan kepentingan negara mereka dalam menghadapi tantangan global.

Biden, 81 tahun, mengatakan dia dan Kishida, 66 tahun, menjadi dewasa ketika negara mereka menjalin ikatan yang kuat dalam beberapa dekade setelah mereka diadu satu sama lain dalam Perang Dunia II.

“Kami berdua ingat pilihan yang dibuat untuk menjalin persahabatan,” kata Biden. “Kami berdua mengingat kerja keras, apa yang telah dilakukan untuk menemukan kesembuhan.”

“Malam ini,” lanjut Biden, “Kami berjanji untuk terus bergerak maju.”

Ketika Gedung Putih memberikan kemegahan maksimum untuk menghormati sekutu dekatnya AS, tamu-tamu terkemuka termasuk Bill dan Hillary Clinton, yang juga akrab dengan acara tersebut. Mantan presiden tersebut menyatakan “rasanya menyenangkan” bisa kembali sebelum melihat potret istrinya dari masa jabatannya sebagai ibu negara yang dipajang di dekatnya.

Para tamu dengan warna musim semi yang cerah dan banyak gaun berkilau mengobrol tentang politik dan berbelanja saat mereka berjalan masuk — itu berarti obrolan gerhana dari Administrator NASA Bill Nelson (pemandangan “luar biasa” di Ohio!) dan penilaian terhadap prospek pemilu Biden di Wisconsin dari Gubernur. Tony Evers (tampak bagus!).

Namun pada hari ketika berita inflasi dari Washington kurang menggembirakan, Ketua Federal Reserve Jay Powell mengabaikan wartawan tanpa berhenti untuk mengobrol. Atlet skater Olimpiade Kristi Yamaguchi, yang mengenakan gaun ungu, mengatakan dia tidak menyangka akan keluar berkampanye untuk Biden, namun tetap terlihat optimistis terhadap terpilihnya kembali Biden. Aktor Robert De Niro memberikan kecerdasan Hollywood malam itu dan sepertinya menyalurkan salah satu karakternya yang keras kepala ketika ditanya pendapatnya tentang pemilu 2024.

“Bagaimana menurutmu?” dia membalas.

Pada suatu malam musim semi yang hangat, keluarga Biden datang ke Serambi Utara untuk menyambut Kishida dan istrinya, Yuko, yang tampil menonjol dalam gaun biru royal di karpet merah.

Di dalam, Jill Biden, mengenakan gaun manik-manik safir, telah mengubah Lantai Negara Bagian Gedung Putih menjadi apa yang disebutnya “taman musim semi yang semarak” untuk malam itu. Lantai Cross Hall yang terkenal dihiasi dengan gambar-gambar yang memberikan hampir 230 tamu perasaan berjalan di atas kolam koi, sebuah simbol ikan yang melambangkan “persahabatan, kedamaian, keberuntungan dan ketekunan,” kata ibu negara pada pratinjau media pada hari Selasa. .

Para tamu di meja utama bersama keluarga Biden dan Kishida termasuk keluarga Clinton, De Niro, dan duo pop Jepang Yoasobi.

Kishida, saat bersulang saat makan malam, sangat antusias dengan kemegahannya.

“Pertama dan terpenting, sejujurnya saya terengah-engah dan saya tidak bisa berkata-kata di depan begitu banyak tamu terkemuka Amerika dan Jepang,” katanya.

Makan malam kenegaraan adalah alat diplomasi AS, suatu kehormatan yang diberikan secara hemat dan hanya kepada sekutu terdekat Amerika. Dalam kasus Jepang, presiden tersebut telah memberikan penghargaan tersebut untuk kelima kalinya kepada sekutunya yang ia anggap sebagai landasan kebijakannya terhadap kawasan Indo-Pasifik.

Kishida sedang melakukan kunjungan resmi ke Amerika Serikat minggu ini. Makan malam kenegaraan ini merupakan yang pertama bagi Biden tahun ini.

Para tamu termasuk banyak anggota keluarga Biden, termasuk cucu perempuan Naomi dan suaminya, Peter Neal. Para maestro bisnis juga turut serta, termasuk CEO JP Morgan Chase Jamie Dimon, CEO Apple Tim Cook, dan pendiri Amazon Jeff Bezos. Tokoh-tokoh Partai Buruh, Presiden United Auto Workers Shawn Fain dan Presiden United Steelworkers David McCall juga hadir. Kedua serikat pekerja telah mendukung Biden untuk dipilih kembali.

Penyanyi dan penulis lagu Paul Simon menghibur di State Dinging Room saat Makan Malam Kenegaraan bersama Presiden Joe Biden dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Gedung Putih, pada hari Rabu. Gambar: AP/Evan Vucci

Steak iga kering, bunga sakura, dan musik Paul Simon juga menjadi bagian dari malam itu. Simon membuka penampilan setelah makan malamnya dengan bermain gitar dan menyanyikan dua lagu hits utamanya, “Graceland” dan “Slip Slidin’ Away.”

Para tamu bersantap dengan hidangan yang dirancang untuk menyoroti “anugerah musim semi” di Jepang dan Amerika Serikat: hidangan pertama salmon yang diawetkan di rumah yang terinspirasi oleh roti gulung California dan hidangan utama iga dengan mentega lada shishito, fava kacang-kacangan, jamur dan bawang bombay. Makanan penutupnya adalah kue pistachio karamel asin dengan matcha ganache dan es krim ceri.

Beberapa bunga favorit Jill Biden, antara lain sweet pea, mawar, dan peony, ditata berdampingan dengan bunga sakura impor untuk menghiasi perpaduan meja makan berbentuk bulat dan persegi panjang di Ruang Timur dalam nuansa warna pink. Beberapa bagian tengah bunga setinggi 6 kaki (1,8 meter).

Tabel-tabel ditata dengan berbagai pengaturan tempat yang mewakili pemerintahan Presiden Lyndon B. Johnson dan George W. Bush. Kupu-kupu kaca dan sutra menari-nari di atas meja.

Simon adalah salah satu artis favorit Jill Biden, kata Gedung Putih, seraya menambahkan bahwa dia memilihnya sebagai penghormatan khusus kepada Kishida karena perdana menteri juga mengagumi musiknya.

Kishida adalah pemimpin dunia kelima yang dihormati Biden dengan jamuan makan malam kenegaraan, menyusul rekan-rekannya dari Prancis, Korea Selatan, India, dan Australia.

© Hak Cipta 2024 Associated Press. Seluruh hak cipta. Materi ini tidak boleh dipublikasikan, disiarkan, ditulis ulang, atau didistribusikan ulang tanpa izin.

related posts