25.2 C
Jakarta

KPK Usut Korupsi Bansos Presiden Tahun 2020

Published:

JAKARTA, BN NASIONAL

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) Presiden terkait penanganan COVID-19 di wilayah Jabodetabek pada Kemensos RI tahun 2020. Kasus ini menambah daftar panjang penyelewengan dana bansos yang mencoreng upaya pemerintah dalam mengatasi pandemi.

“Jadi tersangka IW [Ivo Wongkaren] ini merupakan pengembangan perkara distribusi bansos yang baru-baru ini sudah diputus oleh Pengadilan Tipikor,” ungkap jubir KPK, Tessa Mahardhika, dalam keterangan persnya, Selasa (25/6).

“Ini dalam rangka pengadaan bantuan sosial Presiden terkait penanganan COVID-19 di wilayah Jabodetabek pada Kemensos RI tahun 2020,” tambahnya.

Meski belum membeberkan detail kasus tersebut, Tessa menjelaskan bahwa kasus ini berkaitan dengan beberapa perkara di Kemensos yang telah diputus di pengadilan. Salah satunya adalah kasus yang melibatkan mantan Dirut PT Bhanda Ghara Reksa Persero, Kuncoro Wibowo, yang divonis 6 tahun penjara terkait korupsi penyaluran bantuan sosial beras (BSB). Ivo Wongkaren, yang juga terlibat dalam kasus beras ini, dihukum 8 tahun penjara. Selain itu, ada perkara lain dengan 6 terdakwa terkait korupsi PKH yang masih berproses di pengadilan.

“Terkait apakah penyidikan bansos dengan Sprindik 44 ini dimulai dari fakta persidangan perkara Ivo yang sudah putus? Sebenarnya tidak,” jelas Tessa.

Dikutip dari kumparan.com terungkap karena pada saat perjalanan penyidikan perkara yang sudah putus itu, simultan juga penyelidikan perkara ini dimulai dan berjalan.

Tessa menegaskan bahwa penyidikan kasus bansos Presiden ini tidak bergantung pada fakta persidangan sebelumnya.

“Ini tidak bergantung kepada adanya fakta persidangan beberapa kerugian negara atau konversi kerugian negara yang harus dikembalikan oleh tersangka IW,” imbuhnya.

Kasus korupsi bansos Presiden ini mencerminkan betapa rapuhnya integritas di tengah upaya pemerintah menghadapi krisis pandemi. Penyelidikan terus berlanjut, mengungkap lebih dalam penyelewengan yang dilakukan saat rakyat membutuhkan bantuan paling mendesak.

Related articles

Recent articles

spot_img